Kawasan Puncak Diselimuti Kabut, Ini Kata BMKG

CISARUA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melansir beberapa pekan kedepan pulau Jawa akan diselimuti hujan yang cukup panjang.

Pos BMKG Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor menilai dengan adanya arah angin sertai perubahan iklmi atmosfir mengkibatkan curah hujan di pulan Jawa diperdiksi hingga pertengahn bulan Febuari 2023.

Kepala BMKG Pos Citeko Bogor, Fatuhri Syabani mengatakan, jadi memang sesuai perkiraan BMKG yang sudah diterbitkan sebelumnya bahwa cuaca hari ini di bagian pulau Jawa dan sekitarnya akan diguyur hujan, ini karena adanya kopergensi dari arah aginnya, masuk dari Samudara Hindia dan dari Sumatra dari arah langitnya masuk ke arah Jawa Barat.

“Jadi uap airnya mengumpul banyak disekitar kita, dari arah Pulan Jawa bagian barat sampai ke arah Lampung dan ditambah adanya penomena Madden Julian Oscillation (MJO) salah satu gelombang ekuator yang saat ini ada disekitar kita,” ungkapnya, Rabu (25/01/2023).

Ia mengatakan, MJO adalah salah satu gelombang atmosfer yang saat ini berada di maritim laut diwilayah Indonesia sehingga mengkibatkan perubahan cuaca serta hujan deras dan disertai kabut tebal.

“Sebetulnya MJO ini tidak mengkibatkan curah hujan deras tapi jika bergabung dengan kopergensi angin maka akan bertambahnya uap air diwilayah kita, sehingga wilayah yang dilintasi alami hujan yang cukup awet,” tuturnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.