Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Rumah Sakit Mulai Penuh

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di 29 rumah sakit di Kabupaten Bogor mulai penuh. Hingga 21 Juni 2021, Dinas Kesehatan mencatat, para pasien Covid-19 yang telah mengisi ruangan tersebut, mencapai 88,24 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengatakan, jumlah tersebut meningkat dibanding sebelum Idul Fitri dimana keterisian BOR di rumah sakit hanya sekitar 20 persen.

Dengan peningkatan prosentase sebanyak itu, keterisian rumah sakit di Kabupaten Bogor jauh melebihi ambang batas maksimal yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 60 persen.

“Untuk antisipasi lonjakan yang terus terjadi, kami minta seluruh rumah sakit baik swasta dan daerah untuk menambah jumlah tempat tidur minimal 40 persen dari kapasitas yang ada,” kata Mike, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya, saat ini penambahan tempat tidur di 29 rumah sakit se-Kabupaten Bogor sebanyak 209 tempat tidur. Tambahan tersebut menjadi jumlah tempat tidur menjadi 1.121 tempat tidur.

“Karena rumah sakit juga masih tetap harus melayani pasien non-Covid-19,” jelas Mike.

Dia menyebut, pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dikhususkan bagi pasien bergejala agar mendapat perawatan intensif. Sementara mereka yang masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), diarahkan untuk isolasi mandiri atau ke pusat isolasi BKPP Kemang.

“Untuk rumah sakit darurat di BKPP Kemang dari 84 tempat tidur, sudah terisi 43. Tapi kita ada pusat isolasi di Megamendung ada 54 tempat tidur belum terisi dan mudah-mudahan tidak ada yang diisolasi di sana,” tuturnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bogor untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita masih harus tetap menerapkan 5M jangan sampai kendur,” tandas Mike. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.