Kasus Kematian Covid-19 Naik, Pemkab Mau Tambah TPU

TPU Pondok Rajeg, salah satu tempat pemakaman khusus jenazah pasien Covid-19 yang ada di Kabupaten Bogor. Dok | Pakar

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor, berencana menambah tiga lahan tempat pemakaman umum (TPU) seiring tingginya angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bogor.

“Sebelumnya ada 10 TPU ya yang kami siapkan, tapi sekarang kami berencana untuk menambahnya sekitar tiga tempat pemakaman,” ungkap Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Lestia Irmawati, Senin (12/7/2021).

Tiga TPU yang akan dibangun tersebut di antaranya di Jatisari, Kecamatan Cileungsi, di Klapanunggal, juga di Kecamatan Babakan Madang.

Sebetulnya, kata Irma, ada lima potensi penambahan TPU di Kabupaten Bogor. Selain tiga lokasi tersebut, dua tambahan lagi di antaranya di wilayah Kecamatan Klapanunggal, dan Kecamatan Citeureup.

“Di Jatisari sudah siap, Babakan Madang dan Klapanunggal sedang kita siapkan. Mudah-mudahan bisa dibantu juga oleh kecamatan, karena ada beberapa akses yang harus dibebaskan untuk jalan menuju TPU,” jelas Irma.

Rencana penambahan tempat pemakaman tersebut menambah jumlah TPU di Kabupaten Bogor menjadi 13 TPU.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin memerintahkan seluruh camat untuk senantiasa mengkoordinasikan, mensosialisasikan,
dan mengamankan TPU milik pemerintah yang akan digunakan untuk jenazah pasien Covid-19 tersebut.

“Camat juga harus bisa mengantisipasi dan mengkomunikasikan adanya penolakan atas penggunaan TPU di wilayahnya masing-masing,” kata Burhan.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor ini juga meminta para camat untuk menjaga dan memperketat aturan protokol kesehatan di wilayah.

“Protokol kesehatan tetap harus dijaga untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan,” jelas Burhan.

Sekedar diketahui, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor terus terjadi meski saat ini kebijakan PPKM Darurat diberlakukan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor per hari Minggu 11 Juli 2021, sebanyak 321 kasus positif Covid-19 terjadi. Sementara angka meninggal karena Covid-19 sejauh ini sebanyak 230 orang atau naik dari sebelumnya 221 orang. Dan Probable meninggal sebanyak 311 orang. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.