Kasus Covid Belum Selesai Mobilitas Sudah Ramai, Warga Diminta Tetap Prokes

DRAMAGA – Kembali Normalnya aktifitas warga di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Bogor Bagian Barat seperti di Dramaga, Ciampea dan Leuwiliang terjadi akibat Tren penurunan kasus Covid19. Meski demikian warga tetap diminta waspada dan mau menerapkan 3M yakni memakai Masker, mencuci Tangan, dan menghindari kerumunan.

dr. Baringin Manik, kepala Puskesmas wilayah Bogor Barat mengingatkan, kasus Covid di Indonesia khususnya di Wilayah Bogor Barat saat ini belum selesai, meskipun tren penurunan pada warga yang terinfeksi menurun signifikan.

“Justru jangan euforia dulu, karena dengan tren penurunan kasus, bukan berarti Virus Covid19 selesai,” kata dr. Baringin Manik kepala Puskesmas di Bogor Barat.

Lanjut dia, adanya tren penurunan covid-19 memang dirasakan melegakan hati, namun apabila masyarakat tidak berhati hati bahkan tidak lagi memakai masker saat bepergian bisa berakibat fatal. “Resiko terpapar pasti akan terjadi,” tegasnya.

Seperti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sambung dr. Baringin, yakni tren perbaikan kasus Covid-19 terus terjadi dalam seminggu terakhir. Tingkat positivity Rate juga alami penurunan di tujuh hari terakhir, termasuk tingkat keterisian rumah sakit kasus Covid-19 semakin membaik dengan rata-rata BOR nasional 27 persen. “Namun meski Kasus Covid19 alami penurunan, Presiden meminta agar masyarakat berhati-hati menyikapi tren perbaikan ini,” terangnya.

Khusus bagi warga Bogor Barat dan Umumnya masyarakat Kabupaten Bogor yang sudah di vaksin. “Tetap harus pakai masker dengan standar kesehatan, dan rutin mencuci tangan memakai air mengalir sepulang dari berpergian. Berikut mau menghindari kontak jarak dekat dengan orang lain saat berada di tengah keramaian agar tidak tertular.”tukasnya.

Aiptu yan ruhyana Babinkamtibmas Desa Babakan, Kecamatan Dramaga membenarkan, pada Selasa (31/08/2021) pagi hingga sore, jalan Raya Dramaga alami kemacetan parah. “Kemacetan terjadi akibat tingginya jumlah kendaraan di jalan, seperti meningkatnya angkutan umum, kendaraan pribadi, motor yang memadati sepanjang jalan rayanya,” ungkapnya.

Ditambah sambung Yan, adanya rencana beberapa sekolah di Dramaga mulai dari Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Dramaga akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Rabu (01/08/2021).

“Sehingga banyak orang tua yang mendatangi tempat tempat perbelanjaan dan pertokoan di Babakan untuk membeli seragam sekolah anaknya dan membeli buku tulis,” terangnya.

Dari hasil monitoring lanjutnya, banyak sekolah di Dramaga di hari Selasa sibuk mempersiapkan kegiatan PTM untuk sekolahnya. “Seperti melakukan penyemprotan dinsfekstan di setiap ruangan sekolah, dan menyediaan tempat untuk sanitizer pencuci tangan para siswanya. Sehingga aktifitas warga yang terjadi di hari Senin dan Selasa normal kembali. Namun razia masker tetap kami laksanakan,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.