Kasus Covid-19 Terus Melandai, Waka MPR RI Ini Minta Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (Humas MPR)

JAKARTA – Wakil Ketua (Waka) MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan agar tingkatkan kewaspadaan untuk pertahankan tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di Tanah Air, agar sebaran virus korona segera terkendali.

“Yang kita perlukan saat ini adalah kewaspadaan semua pihak dalam memulai berbagai aktivitas di saat tren jumlah kasus positif Covid-19 terus menurun,” kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/9/2021).

Satuan Tugas Pengendalian Covid-19 mencatat kasus positif virus corona (Covid-19) per Minggu (19/9) bertambah 2.234 orang. Sehari sebelumnya kasus positif Covid-19 terjadi penambahan 3.385 kasus.

Sementara total pasien sembuh pada hari yang sama tercatat 6.186 orang. Sejumlah indikator sebaran Covid-19 itu mengalami penurunan, tetapi Pemerintah akan tetap menerapkan PPKM.

Meski masih dalam koridor kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ujar Lestari, sejumlah kegiatan di beberapa daerah sudah diizinkan untuk dibuka kembali dengan pengawasan protokol kesehatan (prokes) dan persyaratan vaksinasi dari para penyelenggara kegiatan di area tersebut.

“Sejumlah pelonggaran kebijakan yang saat ini dilakukan, jangan malah menjadi pendorong masyarakat untuk berkegiatan dengan lebih banyak orang yang pelaksanaan prokesnya tidak mampu diawasi dengan baik,” katanya.

Pengalaman di sejumlah negara, menurut Rerie sapaan akrab Lestari, penyelenggaraan acara-acara perayaan keagamaan dan tradisi yang melibatkan ribuan orang mengembalikan tingkat penularan Covid-19 ke titik puncak setelah sempat dinyatakan terkendali. Ledakan kembali kasus positif Covid-19 di sejumlah negara itu, harus benar-benar menjadi pelajaran bagi semua elemen bangsa agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

“Inti dari pelaksanaan kegiatan di masa tren jumlah kasus positif Covid-19 terus menurun, adalah pengawasan pelaksanaan prokes yang baik sehingga kegiatan yang melibatkan interaksi banyak orang itu terkendali,” ujarnya.

Karena itu, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, pembukaan kembali pusat-pusat perbelanjaan, sekolah dan kampus, lokasi-lokasi wisata dan warung makan serta restoran, menuntut kewaspadaan dari pengelola sejumlah tempat tersebut dan masyarakat. Menurut Rerie, kemungkinan kebijakan PPKM berlevel akan terus dilonggarkan dengan evaluasi secara reguler, seiring berkurangnya jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air.

“Namun, disiplin untuk tetap menjalankan prokes di setiap kegiatan harus menjadi kesadaran bersama demi kewaspadaan agar penyebaran virus korona di tanah air bisa terus dikendalikan,” tegasnya. MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.