Kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor Diklaim Menurun Meski Masih Terus Terjadi

Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedi Syarif. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Kendati terus terjadi, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor mengklaim angka kasus positif Covid-19 mulai melandai. Penurunan kasus itu terlihat dari keterisian rumah sakit juga tempat isolasi.

“Dilihat dari keterisian rumah sakit, saat ini hanya 26 persen. Bahkan beberapa di antaranya sudah mulai kosong ya,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Dedi Syarif, Minggu (16/5/2021).

Tren tersebut sudah terjadi sejak Maret lalu. Bahkan kasusnya terus mengalami penurunan sejak program Vaksinasi Covid-19 dilakukan di Kabupaten Bogor.

“Maret lalu itu 50 persen, tapi terus mengalami penurunan hingga saat ini,” ungkap Dedi.

Begitu juga di Pusat Isolasi Kemang dan Cibogo. Kata Dedi, kedua ruangan tersebut sudah mulai kosong ditinggal pasien.

“Terakhir di Kemang masih ada 10 orang tapi beberapa sudah pulang. Alhamdulilah, mudah-mudahan angkanya terus turun,” jelas Dedi.

Sebelumnya diberitakan, di tengah upaya penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat, angka penyebaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor terus terjadi.

Dalam kurun waktu tiga hari terhitung lebaran pada 13 Mei 2021 hingga 15 Mei 2021, tambahan positif Covid-19 tersebut mencapai 178 kasus.

Sementara untuk total kasus secara keseluruhan sejak awal Pandemi Covid-19 di Kabupaten Bogor, berjumlah 16.971 kasus. Dengan status konfirmasi aktif 354 kasus, meninggal 107 kasus, dan sembuh 16.504 kasus, sedangkan 6 sisanya berstatus pindah alamat di luar Bogor.

“Kabupaten Bogor masih memberlakukan PPKM, kami imbau masyarakat tetap jaga protokol kesehatan,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Ade Yasin. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.