Kasatpol-PP : TigerCepol Akan Respon Cepat Aduan Masyarakat Hingga Tingkat Desa

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridho menjelaskan, Tim Gerak Cepat Satpol-PP atau TigerCepol, merupakan bagian daripada merespon terhadap tagline Kabupaten Bogor Gerak Cepat (Gercep) untuk melayani masyarakat.

TigerCepol ini, kata dia, nantinya yang akan merespon terhadap aduan masyarakat, terhadap persoalan-persoalan yang muncul yang sifatnya perlu diatasi segera oleh Satpol PP.

“Misalnya untuk melakukan pembubaran kerumunan. Di masa pandemi ini sangat perlu kecepatan, karena kalau telat ini dikhawatirkan banyak yang terpapar Covid-19, dan berujung pada meninggalnya orang tersebut,” kata Agus Ridho, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, sambungnya, TigerCepol juga memiliki fungsi untuk melakukan tindakan awal terhadap persoalan di lapangan yang membutuhkan percepatan. Seperti membantu masyarakat yang membutuhkan, termasuk membantu program vaksinasi.

“Sementara untuk saat ini TigerCepol ini baru di tingkat Kabupaten Bogor. Tapi ke depan sampai tingkat desa dan kelurahan. Ini semacam pilot project nya,” jelas Agus Ridho.

Sebelumnya, Bupati Ade Yasin menilai, TigerCepol ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menjangkau informasi atau kejadian yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Menurut Ade Yasin, kecepatan Informasi tersebut sangat penting agar pemerintah bisa langsung merespon ketika ada masyarakat yang tengah mengalami sesuatu yang urgent.

“Apalagi di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita butuh percepatan informasi maupun gerakan-gerakan petugas yang memang cepat merespon. Kita bisa tahu apa yang diperlukan oleh masyarakat agar bisa segera ditangani,” jelas Ade Yasin.

Namun begitu, Ade Yasin mengingatkan kepada para petugas di Satpol-PP Kabupaten Bogor untuk tidak arogan dalam menjaga ketertiban di masyarakat.

Menurutnya, arogansi aparat tersebut adalah wujud tidak baiknya sikap yang ditunjukkan. “Sekarang yang dibutuhkan masyarakat itu adalah Satpol-PP yang humanis, yang baik kepada masyarakat tapi tetap tegas terhadap aturan,” kata Ade Yasin.

Dia pun berharap TigerCepol yang merupakan perwujudan dari tim Gerak Cepat (Gercep) Kabupaten Bogor ini, mampu menunjukkan kinerja yang inovatif dan penuh tanggung jawab.

“Melalui TigerCepol ini, kami harapkan mampu menjawab menjawab tantangan besar Satpol-PP di masa depan untuk menjadu institusi yang inovatif, bergerak lebih cepat dan profesional dalam mengayomi dan menjaga ketertiban masyarakat,” jelas Ade Yasin.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.