Karang Taruna Ini Mengolah Sampah Hingga Memiliki Nilai Ekonomis

Karang Taruna Cipicung sedang mempersiapkan lokasi penampungan sampah. Yusman | Pakar

CIJERUK – Karang Taruna RW 04 Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor menyoroti persoalan lingkungan yang ada di wilayahnya. Untuk itu moto bersih, indah dan sehat terus digaungkan Karang Taruna ini.

Sebagai bentuk nyata, Karang Taruna Cipicung melakukan terobosan dengan cara mengumpulkan sampah rumah tangga untuk dikelola dan didaur ulang supaya memiliki nilai ekonomis.

Ketua Katar RW 04, Acep Fadilah mengatakan, pengelolaan sampah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di wilayahnya yang dianggap masih menjadi persoalan.

“Alhamdulilah dukungan pun diberikan semua pihak, Seperti Pemdes, BPD, RT/RW dan semua masyarakat,” ujar Acep kepada wartawan, Minggu (22/2/2021).

Untuk pengelolaan sampah itu sendiri, Katar telah membentuk satgas pengelolaan sampah yang akan bekerja jemput bola dari rumah ke rumah dan selanjutnya satgas akan memilah sampah untuk dimanfaatkan sebagai bahan limbah yang berguna.

“Langkah awal kita sudah membentuk satgas pengelolaan sampah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, agar tumpukan sampah tidak mengganggu pemukiman warga, penampungan sampah dibuat sejauh mungkin dari pemukiman dengan jarak sekitar 500 meter lebih dari pemukiman penduduk.

Selain itu, sampah yang telah terkumpul selain di bakar juga akan diolah untuk dijadikan dana kas Katar.

Ia berharap ke depanya, lingkungan RW 04 akan bersih dan sehat serta indah. Tidak ada lagi tumpukan sampah yang dapat menyebabkan banjir dan bau tak sedap.

“Agar tidak menggangu pemukiman warga akibat bau, maka penampungan dibangun jauh dari pemukiman,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.