Kapolri Kunjungi Kantor Pusat LDII Bahas Soal Ini

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama pengurus pusat LDII ((Ist)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya melakukan kunjungan ke Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam rangka silaturahmi dengan salah satu ormas Islam tersebut. “Kami dari Polri tentunya memiliki program-program yang selalu berharap bisa bersinergi dengan ormas-ormas Islam, khususnya LDII terkait masalah Kamtibmas,” kata Jenderal Listyo Sigit di Kantor Pusat LDII, Senayan, Jakarta, Selasa (9/3/2021). 

Ada beberapa hal yang dibahas Kapolri bersama pengurus pusat LDII, diantaranya bagaimana memaksimalkan peran Da’i untuk menyampaikan pesan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) hingga moderasi beragama. Jenderal Listyo juga mengatakan, dengan pendekatan dakwah, penyampaian pesan Kamtibmas dinilai cukup efektif ketimbang dengan bahasa tegas dari Kepolisian. “Bagaimana Dai Kamtibmas ini diberdayakan. Misalnya pimpinan LDII menyampaikan pesan Kamtibmas ke umatnya,” ujar Listyo Sigit.    

Pasalnya, tugas kepolisian, salah satunya menjaga situasi dan stabilitas kamtibmas, sehingga semuanya bisa kondusif dan aman di tengah masyarakat.   Jenderal polisi bintang empat ini menuturkan, residu Pilpres dan Pilkada hingga saat ini masih ada, yang membuat polarisasi di tengah masyarakat belum hilang.   Untuk itu, kata dia, penguatan moderasi beragama saat ini dinilai penting dilakukan, karena dalam kondisi krisis pandemi Covid-19, amat sangat dibutuhkan persatuan.

“Pendekatan moderasi beragama untuk menekan polarisasi di tengah masyarakat,” ucap Sigit.   Di sisi lain, Kapolri juga mengajak LDII bekerjasama dalam rangka menangani pandemi Covid-19 dengan menyampaikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait penegakan protokol kesehatan hingga memberikan pemahaman kepada umat tentang program vaksinasi nasional. 

“Menjadi pekerjaan besar dalam rangka mengawal penanggulangan covid-19. Menurunkan angka covid. Bagaimana mengembalikan pemulihan ekonomi nasional,” paparnya.   

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Jabatan Ketua Umum LDII, Chriswanto Santoso mendukung upaya Polri dalam rangka menekan penularan Covid-19. LDII, kata dia, siap berkolaborasi dengan Polri. Selain dalam rangka menghadapi Covid, juga dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI.  

“Kami bisa mensinergikan urusan-urusan bangsa ini bersama-sama. Sehingga harapan kita ke depan bisa segera bangkit dan maju. Keinginan kita untuk menuju 2045 Indonesia emas itu harus terwujud,” ujar Criswanto. Apalagi, lanjut dia, dalam kondisi covid-19 yang belum berakhir, maka sangat banyak permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama-sama.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.