Kampung Budaya Menjadi Skala Prioritas Pengembangan ODTW

CIANJUR – Kampung Budaya Pandanwangi, menjadi skala prioritas penataan dan pengembangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur tahun ini. Pasalnya, dari sekian banyak objek daerah tujuan wisata (ODTW) di Kabupaten Cianjur, tempat tersebut relatif cukup sepi dikunjungi wisata.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, membenarkan jika upaya penataan ODTW di Kampung Budaya Pandanwangi dipandang perlu dilakukan. Karena nilai jual wisata di tempat tersebut dinilai belum cukup mumpuni.


“Mudah-mudahan Kampung Budaya Pandanwangi jadi rujukan kami untuk dilakukan pengembangan di beberapa zona. Memang, Kampung Budaya Pandanwangi itu yang paling sepi,” kata Asep, kepada wartawan Minggu (21/4/2024).


Asep mengatakan pengembangan akan dilakukan pada beberapa zona. Sehingga nanti Kampung Budaya Pandawangi bisa lebih menarik bagi para wisatawan. “Selama ini wisatawan yang berkunjung ke Kampung Budaya Pandanwangi hanya selfie. Setelah itu mereka pulang karena tidak ada fasilitas sarana yang bisa memberikan nilai jual bagi mereka,” ujarnya.


Menurutnya ruas lahan Kampung Budaya Pandawangi sekitar 3 hektare. Selama ini keberadaan lahan tersebut belum dimaksimalnya. “Insya Allah tahun ini kita rencanakan pengembangannya, sekaligus memaksimalkan lahan yang ada seluas tiga hektare. Jadi, selain mengembangkan yang sudah ada, kita akan bangun berbagai fasilitas sarana di zona-zona yang masih kosong,” terangnya.


Dia mengaku apabila sudah berkembang akan membuat kalender event Festival Kampung Budaya Pandanwangi di tempat tersebut. Rencana event itu diharapkan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan yang menyukai nuansa alam perdesaan. “Sebetulnya Kampung Budaya Pandanwangi ini aset yang seharusnya bisa kita kembangkan,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.