Kalah Telak dari Malaysia, Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023 Menipis

Pemain Timnas Indonesia, Figo Dennis (kanan), berusaha melawati hadangan bek Malaysia, di Stadion Pakansari-Cibinong, Minggu (9/10/2022), malam. (PFI Bogor)

CIBINONG – Peluang Timnas Indonesia U-17 untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 semakin berat setelah dikalahkan Malaysia 1-5 (0-5), pada laga pamungkas babak kualifikasi, di Stadion Pakansari-Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (9/10/2022), malam.

Kekalahan pasukan Bima Sakti membuat Garuda Asia harus turun ke peringkat dua klasemen akhir Grup B dengan koleksi 9 poin, atau kalah satu angka saja dari Malaysia di posisi puncak.

Kans Timnas Indonesia untuk lolos sebagai runner-up terbaik menipis karena dari selisih gol minus tiga. Mereka pun harus menunggu grup lain yang masih menyisakan pertandingan.

Sebelum laga melawan Malaysia, Timnas Indonesia memimpin klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan nilai sempurna sembilan poin. Timnas Indonesia juga punya selisih gol fantastis, 19-2.

Kalah dari Malaysia malam ini, Indonesia menempati runner-up, selisih gol lawan Guam dan Palestina tidak dihitung. Hal itu berarti selisih gol 16-0 yang didapat Indonesia dari dua laga tersebut hilang.

Hal itu terjadi lantaran jumlah tim di tiap grup tidak sama. Ada grup yang berisi lima tim, empat tim, dan tiga tim.

Dengan jumlah tim yang tidak sama, duel lawan dua tim terbawah di grup yang berisi lima tim tidak akan dihitung. Sedangkan di grup yang berisi empat tim, duel lawan tim terbawah juga tidak dihitung. Semua ditujukan untuk menyeragamkan jumlah pertandingan di tiap grup.

Dengan demikian, laga yang akan dihitung hanya duel lawan Uni Emirat Arab saat Indonesia menang tipis 3-2. Saat ini, selisih gol Indonesia adalah 4-7 (minus tiga).

Malaysia menang telak berkat gol Zainurhakimi Zain (18), Arami Wafiy (21, 40-pen), Anjasmirza Saharudin (24), dan Afiq Danish Zulfkifli (28′). Indonesia hanya sanggup membalas melalui Arkhan Kaka (90+1).

Usai pertandingan, Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, mengaku salah atas kekalahan yang diraih timnya. Bahkan Bima Sakti meminta maaf kepada insan sepakbola di seluruh Indonesia.

“Saya minta maaf kepada insan sepakbola seluruh Indonesia atas hasil ini. Tapi hasil ini harus jadi pelajaran bagi kami ke depan,” kata Bima Sakti.

Di tempat yang sama, Pelatih Malaysia Osmera Bin Omaro, mengaku puas kemenangan yang diraih timnya. Apalagi kemenangan ini, membuat timnya langsung lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

“Kemenangan atas Indonesia sudah dinanti sejak lama. Saya juga terkejut pemain bisa mengalahkan Garuda Asia,” kata Osmera.

“Indonesia tim yang wow! Mereka sangat bagus, tapi malam ini kurang beruntung dan kami bisa memaksimalkan peluang dan memenangkan laga,” tutup Osmera menambahkan. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.