Kadisdik : KBM di SDN Sukamulya 02 Terus Jalan Usai Dihantam Bencana

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah. (Age | Pakar)

CIBINONG – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah meminta kegiatan belajar mengajar (KBM) SDN Sukamulya 02 Sukamakmur terus dijalankan setelah dikabarkan ruang pembelajaran kelas jauh sebelumnya hancur diterjang angin kencang beberapa pekan lalu.

“KBM tetap harus berjalan, ga boleh berhenti. Untuk sementara pembelajaran menggunakan ruangan sementara terlebih dahulu dengan mencari sekolah yang terdekat dari bangunan sebelumnya,” katanya kepada PAKAR.(27/4)

Menurutnya jika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pembelajaran jarak jauh SDN Sukamulya 02 Sukamakmur berhenti akan membuat puluhan siswa disekolah tersebut tertinggal.

“Kalau pembelajaran disana ditunda kesian siswa-siswa. Nantinya akan ketinggalan pengetahuan dan nanti kita akan cek agar mengupayakan untuk pembelajaran di SDN Sukamulya 02 terus berjalan dan pastinya disana ada bangunan yang siap digunakan untuk pembelajaran kelas jauh sementara,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan bahwa pihaknya belum menerima laporan ambruknya ruangan untuk pembelajaran kelas jauh SDN Sukamulya 02 tersebut.

“Untuk proses pembelajaran di SDN Sukamulya 02 kita belum bisa memastikan apakah proses belajar mengajar disana berhenti atau tidak. Karena kita belum terima laporan kalau bangunan pembelajaran kelas jauh itu rusak akibat angin kencang,” katanya kepada PAKAR.(26/4)

Maka dari itu, pihaknya akan melakukan peninjauan usai dikabarkan ruang pembelajaran kelas jauh SDN Sukamulya 02 tersebut rusak sejak 11 April 2023 kemarin.

“Kita harus meninjau ke lokasi dulu untuk memastikan seberapa parah bangunan yang digunakan pembelajaran kelas jauh SDN Sukamulya 02 itu. Dan kita juga tidak bisa memberhentikan proses belajar mereka, karena kalau kita hentikan takutnya warga disana bisa marah,” jelasnya.

Pemberitaan sebelumnya Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko menyampaikan bahwa ambruknya ruang pembelajaran kelas jauh SDN Sukamulya 02 tersebut terjadi pada 11 April 2023 kemarin.

“Benar telah terjadi angin kencang dan menyebabkan ruang pembelajaran kelas jauh SDN Sukamulya 02 mengalami kerusakan yang sangat berat, sehingga kita BPBD Kabupaten Bogor melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan aparatur setempat,” katanya.

Bukan hanya itu, ia mengungkapkan saat pihaknya melakukan pendataan serta kajian lebih lanjut saat berada dilokasi bencana alam angin kencang.

“Jadi pembelajaran untuk puluhan siswa SDN Sukamulya 02 ini dialihkan dulu sementara di salah satu masjid yang tidak jauh lokasinya. Dan kita juga memberikan edukasi kepada peserta didik untuk tidak mendekati ruangan yang terdampak,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya bencana alam angin kencang, tidak menyorotkan antusias siswa-siswi SDN Sukamulya 02 Sukamakmur untuk menempuh pendidikan.

“Semoga siswa-siswi SDN Sukamulya 02 tidak terguncang hatinya dan terus mau mengikuti proses belajar mengajar, walaupun ruangan pembelajaran kelas jauh yang digunakan sudah cukup lama tidak dapat lagi dipakai,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.