Kades Terpilih Wajib Pahami Kebijakan Pemkab

51

CIBINONG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fian­syah meminta, kepala desa terpilih untuk memahami kebijakan Pemkab Bogor ini.

Menurutnya, kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bogor cukup mengkhawatirkan.

”Kami minta semuanya ber­sabar ya, karena kondisi pan­demi Covid-19 di Kabupaten Bogor sedang tinggi. Kami minta kondisi seperti ini bisa dimaklumi semuanya,” kata­ Renaldi, Minggu (17/1/2021).

Dia berjanji jika sudah ada kepastian soal waktu pelan­tikan, kepala desa terpilih bakal segera diinformasikan di kemudian hari.

”Pokoknya kalau sudah pasti kami langs­ung kabari,” jelas Renaldi.

Sekadar diketahui, Pilkades Serentak digelar 20 Desember 2020 di 88 desa dari 34 keca­matan se-Kabupaten Bogor. Dengan rincian 66 desa yang habis masa jabatannya 2020 dan 22 desa yang berakhir masa jabatannya pada Ja­nuari 2021.

Pilkades Serentak tersebut diikuti 753.798 ma­syarakat pemilik hak pilih, dengan 1.612 Tempat Pemun­gutan Suara (TPS) dengan anggaran pelaksanaan Rp22,6 miliar.

Selain itu, Pemkab Bogor saat ini sudah memiliki Pera­turan Daerah (Perda) Perang­kat Desa untuk mengatur sistem kerja desa agar lebih maksimal.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan, mengatakan, perda tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Bogor dalam melaksanakan pembangunan pendidikan dan penyelenggaraan pemerin­tah yang baik.

”Apalagi, perda perangkat desa ini bertujuan menciptakan iklim pemerin­tahan daerah yang baik sam­pai tingkat desa demi mewu­judkan Kabupaten Bogor yang lebih baik lagi,” katanya, belum lama ini.

Menurutnya, Perda pe­rangkat desa bertujuan men­gatur soal perangkat desa dalam peraturan daerah ter­sendiri dalam mendukung kepala desa menyelenggara­kan pemerintahan desa.

”Walau bagaimanapun pembangunan desa sangat berpengaruh terhadap pembangunan Kabupaten Bogor. Makanya penting ki­ranya pemerintahan di desa kita memperhatikan kese­jahteraan masyarakat,” tandas Iwan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.