Kades Termuda Kabupaten Bogor Ingin Bangkitkan Kejayaan Sektor Usaha Ikan Hias

Kepala Desa (Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng, Ade Syaprudin. Fahri | Pakar

CISEENG – Kepala Desa (Kades) Parigi Mekar Kecamatan Ciseeng, Ade Syaprudin Muhamad Makmun (27) merupakan kades termuda di wilayah Kabupaten Bogor dari hasil Pilkades serentak di 273 desa 3 November 2019 lalu.

Pria lajang ini dilantik Bupati Ade Yasin bersama 222 Kades terpilih lainnya, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Rabu (18/1/2021).

Ade Syaprudin mengaku, motivasi utama dirinya memilih terjun dan aktif ke pemerintahan desa adalah untuk pengabdian diri. Selain itu, dirinya ingin meningkatkan taraf perekonomian warga masyarakat terutama para peternak ikan hias yang merupakan mayoritas usaha warga desa tersebut.

Ia menegaskan cita – cita dan program prioritas kerja dirinya adalah ingin mengembalikan kejayaan usaha peternakan ikan hias di Desa Parigi Mekar yang mulai meredup.

Salah satunya dengan terus membangun sistem manajemen usaha dan teknis budi daya ikan hias serta pemasaran yang lebih ditingkatkan. Sehingga diharapkan dapat memperlancar perputaran roda ekonomi dan meningkatkan pendapatan hasil petani ikan hias,” ujarnya.

Ade Syaprudin menambahkan, pengelolaan manajemen usaha perikanan yang akan dilakukan adalah melalui sistem kemitraan dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Menurutnya, petani ikan di Desa Parigi Mekar, umumnya terkendala masalah permodalan serta pemasaran. Kebanyakan petani ikan tersebut berinteraksi dengan tengkulak.

Dengan adanya kemitraan bersama Bumdes, diharapkan para petani atau peternak ikan bisa memdapatkan solusi dari kendala permodalan dan pemasaran. Sebab di Bumdes semua proses kemitraan bisa dilakukan secara musyawarah dan gotong royong tanpa ada yang dirugikan,” pungkas Ade Syaprudin. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.