Kades Kalibaru Cianjur Nekad Timbulkan Kerumunan di Resepsi Pernikahan

Suasana pesta sunat dan pernikahan anak Kades Kalibaru dimeriahkan kuda renggong dari Sumedang dilapangan sepak bola. Bahkan besok harinya, digelar juga acara Dangdutan dan ditutup malam harinya dengan acara pengajian. (ESYA)

CIANJUR – Ditengah pandemi covid-19 yang sudah keluar larangan melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak atau berkerumun, namun aturan itu tidak berlaku bagi seorang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Cianjur. Acara hajatan pernikahan anak Kades Kalibaru, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan digelar layak seperti biasanya.

Ironisnya, kegiatan itu bertentangan dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kecamatan Pasirkuda yang sedang gencar-gencarnya menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) sesuai Surat Instruksi Kemendagri Nomor 3 Tahun 2021 dan Surat Edaran Bupati Cianjur, Nomor 443.1/Kesra/2021 tentang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) plus.

Informasi yang berhasil dihimpun, pakuanraya.com, sebelumnya kepala desa (Kades) Kalibaru Nandi Sunandi tersebut, telah didatangi jajaran aparat Forkopincam Kecamatan Pasirkuda. Agar menjadi cermin atau contoh bagi masyarakat Desa Kalibaru, Kecamatan Pasirkuda, untuk tidak melaksanakan acara hajatan sunatan dan pernikahan secara biasanya. Pasalnya, saat ini sedang menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) sesuai Surat Instruksi Kemendagri Nomor 3 Tahun 2021 dan Surat Edaran Bupati Cianjur, Nomor 443.1/Kesra/2021 tentang pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (AKB) plus.

“Pak Kades Kalibaru, Nandi Sunandi, saat diminta oleh para pejabat Forkopincam Kecamatan Pasirkuda agar tidak akan menggelar acara sunatan dan pernikahan secara meriah. Namun ironisnya pada hari Jumat (12/2/2021), justru dimeriahkan dengan pesta sunat kuda renggong dari Sumedang dilapangan sepak bola Desa Kalibaru. Bahkan besok harinya, digelar juga acara “Dangdut” dan ditutup malam harinya dengan acara pengajian. Dikira kami, pak kades dapat mendengarkan permintaan para unsur Forkopincam Kecamatan Pasirkuda, Namun ternyata tidak, ini sangat tidak mencontohkan baik bagi masyarakatnya, aneh,” kata salah seorang tanaga Kecamatan Pasirkuda, Sabtu (13/2/2021).

Sementara itu, Camat Pasirkuda Irvan Rustandi membenarkan jika pihaknya telah menghimbau kepala desa (Kades) Kalibaru Nandi Sunandi. Bahkan kami, selaku tim gugus tugas covid-19 Kecamatan Pasirkuda telah mewanti-wanti agar mem-pending acara yang telah heboh dan digembor-gemborkan warga.

“Sebenarnya, beberapa waktu lalu, kami bersama jajaran Forkopincam Pasirkuda, sudah memperingatkan pak Nandi Sunandi Kepala Desa (Kades) Kalibaru, agar tidak memaksakan kehendaknya. Karena situasi dan kondisinya (Sikon) tidak memungkinkan sedang dalam penerapan dan penyebaran covid-19,” pungkasnya Sabtu (13/22/2021)=SYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.