K3S Kabupaten Bogor Akui PPDB Tahun Pertama Jenjang SD Belum Maksimal

CIBINONG – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Bogor mengaku banyak menerima keluhan dari kepala sekolah di tahun pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang sekolah dasar.

Hal itu disampaikan oleh Ketua K3S SD Kabupaten Bogor, Endin Saepudin bahwa kendalanya tersebut bermula pada pendaftaran online di tahun pertama. “Betul ini tahun pertama pendaftaran PPDB online jenjang SD, dan memang ada banyak (laporan) dari mereka (kepala sekolah) karena orang tua tidak mengerti mekanisme pendaftaran PPDB,” katanya kepada PAKAR, pada kemarin Selasa 9 Juli 2024.

Ia menyebutkan bahwa kendala orang tua murid dihari pertama pelaksanaan PPDB tersebut dikarenakan jaringan online dan ketidak pengertian dalam ilmu tekhnologi (IT). “Orang tua ini bukan tidak mau online tapi kesulitan untuk online (tidak mengerti) dan kesulitan jaringan juga. Bahkan kita juga sudah sosialisasi dari Disdik dan pada umumnya kendalanya itu hanya satu orang tua ini belum mengerti ditahun pertama pelaksanaan PPDB,” jelasnya.

Ia berharap dalam pelaksanaan PPDB tahun berikutnya orang tua murid dapat lebih paham dalam mekanisme pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). “Saya harap tahun berikutnya mereka sudah paham dan terbiasa dalam pendaftaran PPDB nanti. Ini hanya menunggu waktu saja agar masyarakat terbiasa,” imbuhnya.

Endin mengaku bahwa dalam pelaksanaan PPDB ada beberapa sekolah di Kabupaten Bogor tidak memenuhi kouta yang disebabkan beberapa faktor yang diantaranya. “Ada 5-6 sekolah dari 1.500 SD di Kabupaten Bogor yang tidak memenuhi kouta, seperti salah satunya pendaftar hanya 10-15 anak disetiap sekolah sedangkan kouta yang disiapkan itu sebanyak 32 pendaftar,” ucapnya.

Maka dari itu pihaknya akan terus memaksimalkan sebagian mungkin demi melayani masyarakat dan memberikan hak pendidikan bagi warga di Kabupaten Bogor. “Intinya kita pengabdi masyarakat, kita akan terus maksimalkan demi pendidikan di Kabupaten Bogor,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.