Jurnalis Kecam Aksi Demo ke Perusahaan Mengatasnamakan Wartawan se-Bogor Timur

Ilustrasi aksi demo. IST

GUNUNG PUTRI – Aksi demo yang dilakukan sekelompok orang kepadanPT. Indoresco di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor dikecam sejumlah wartawan. Sebab, aksi sekelompok orang ini mengatasnamakan wartawan se-Bogor Timur.

Ketua Bogor Timur Jurnalis (BTJ) Sudadi menyayangkan aksi demo yang mengatasnamakan wartawan se-Bogor Timur. Padahal, di salah satu pasal pada UUD Pers No.40 Tahun 1999 sudah jelas menerangkan apa tugas dan fungsi Pers.

“Demo boleh saja, tapi fungsinya untuk apa dulu, jika isu yang beredar adalah mengenai legalitas salah satu perusahaan, harusnya gandeng dinas terkait, karena dinas terkait lah yang punya kewenangan untuk memeriksa legalitas suatu perusahaan,” ujar Dadi kepada wartawan, Kamis (13/6/2024).

Ia menjelaskan, jika memang rekan-rekan wartawan yang berdemo itu menemukan suatu kejanggalan tuangkan itu dalam tulisan, laporkan, dan ajak dinas terkait untuk melakukan sidak.

“Bukan dengan cara berdemo, apalagi mengatasnamakan wartawan se-Bogor Timur. Yang membuat saya keberatan adanya bahasa wartawan se-Bogor Timur,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Kordinatoriat PWI Wilayah Bogor Timur Agus Chandra menegaskan tidak ada anggotanya yang mengikuti demo tersebut.

“Silahkan saja suarakan aspirasinya, tapi jangan mengatasnamakan wartawan se-Bogor Timur. Kami ada di Bogor Timur dan kami keberatan dengan kalimat tersebut,” tegas Agus.

Agus mengajak, rekan-rekan pers untuk lebih mengerti apa dan mendalami tentang UUD Pers. Seperti apa tugas dan fungsi pers sebetulnya, lakukan investigasi jiga memang bermasalah, tapi tidak dengan cara berdemo apalagi terkait tidak ditanggapi atau terkait legalitas, karena narasumber juga punya hak tidak menjawab dan wartawan pun punya hak untuk bertanya.

“Mari menulis, sampaikan apa yang menjadi temuan kawan-kawan dalam tulisan, suarakan itu dalam tulisan, kita boleh berdemo dan bergabung jika profesi kita terancam seperti RUU Penyiaran yang saat ini sedang dimatangkan,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.