Jumlah Warga Membludak, Wilayah Desa Cigudeg Siap Dimekarkan

Musyawarah yang dilakukan di aula kantor desa membahas soal rencana pemekaran wilayah Desa Cigudeg. (Ist)

CIGUDEG – Pemerintah Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg melakukan rapat perencanaan pemekaran desa bersama tokoh masyarakat. Dalam rapat tersebut dihadiri Forum Komunikasi Kecamatan (Forkompincam) serta tokoh masyarakat. Pada Kamis (3/2/2022).

“Karena dengan adanya pemekaran Desa Cigudeg pembangunan desa dan pelayanan masyarakat bisa lebih optimal,” ujar Sekretaris Camat Cigudeg Muhammad Sobar di Aula Kantor Desa Cigudeg,

Lanjut Ia mengatakan, hal ini sesuai Pemendagri no 1 tahun 2017 tentang penataan Desa serta Peda no 6 tahun 2015 yang dibuat peratuar daerah tahun 2018 yakni tentang Desa “Dimana yang menjadi syarat pemekaran desa salah satunya jumlah penduduknya minimal 6000 jiwa, sebanyak jumlah 12 ribu Kepala Keluarganya (KK),” jelasnya.

Ia menjelsakan, maka itu Desa Cigudeg menjadi kriteria dan layak untuk dimekarkan sesuai Pemendagri. “Dengan begitu rencana persiapan pemekaran Desa langkah awal dengan bentuknya panitia serta pahami aturan main dengan baik lalu sosialisasikan ke bawah agar masyarakat tentang perihal pemekaran,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cigudeg Andi Supriadi mengatakan, wilayah Desa Cigudeg seluas 1.441 hektare dengan 17 ribu penduduk yang meliputi 66 RT dari 22 RW, 9 dusun, sehingga sudah overload.

“Penduduknya sudah terlalu padat sehingga semestinya harus dimekarkan, sudah terlalu padat kan idealnya 8000 jiwa, sedangkan untuk RT sampai 40 maksimal ini kan sudah 66 RT, overload lah,” ujarnya.

Ia berharap, tahun ini Desa Cigudeg sudah mekar dan hal ini sudah di bahas sejak lama oleh masyarakat Cigudeg. “Harapan saya di tahun 2022 atau 2023 itu Desa Cigudeg sudah bisa menjadi 2 Desa. Pembahasan pemekaran desa ini sudah tercetus pada 6 tahun lalu,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.