Jumlah DPT Jadi Tantangan, KPU Mulai Buka Pendaftaran Calon Bupati 27 Agustus 2024

Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia. (Dok.Pakar)

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, resmi memulai tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dimulai pada 27 Agustus 2024.

Sebelum pendaftaran, KPU Kabupaten Bogor akan melakukan pengumuman pendaftaran pasangan calon pada 24 sampai 26 Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran.

Tahapan selanjutnya, KPU akan melakukan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024. Lalu pada 22 September 2024 akan ada penetapan calon yang berhak untuk menjadi kontestan pada Pilkada Kabupaten Bogor.

KPU juga akan mulai mengatur pelaksanaan kampanye pada 25 September hingga 23 November 2024 sebelum akhirnya pada 27 November dilakukan pemungutan suara.

Setelah itu, KPU Kabupaten Bogor akan melakukan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, M Adi Kurnia mengatakan, pesta demokrasi Pilkada akan menjadi tahapan yang cukup padat. Sebab, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Bogor tercatat terbanyak tingkat kabupaten se- Indonesia.

“Kita memiliki pemilih sebesar 3.924.292, Itu kemaren sudah kita petakan TPS nya. Data sementara untuk kpu kabupaten Bogor itu sebanyak 7.686 TPS, tersebar di 40 Kecamatan,” kata Adi usai peluncuran dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor Minggu (9/6/2024).

Tak hanya itu, kata Adi, untuk Pilkada ini Kabupaten Bogor juga akan melaksanakannya di sebanyak 7.686 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 40 Kecamatan dengan total Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih sebanyak 1.305 orang.

Namun, Adi tak menutup kemungkinan akan ada penambahan TPS pada Pilkada Kabupaten Bogor. Hanya saja, dia belum bisa merinci dimana saja tempat tersebut akan dibangun.

“Ada potensi penambahan karena nanti ada TPS lokasi khusus,” kata dia.

Sekedar informasi, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan peluncuran Maskot Pilkada Kabupaten Bogor yang dimana KPU telah menetapkan Macan Tutul sebagai maskotnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.