Jumat Besok, Kontrak Kerja Jembatan Otista Berakhir

Kondisi di Jembatan Otista yang pengerjaannya terus dikebut. IST

BOGOR – Batas waktu pekerjaan proyek penggantian Jembatan Otista tersisa satu hari lagi. 

Ya, berdasar kontrak kerja, maka pembangunan itu akan berakhir pada Jumat (8/12/2023). 

Pekerjaan yang sampai Kamis (7/12/2023) masih belum rampung itu akhirnya terus dikebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengungkapkan, di detik-detik berakhirnya masa kerja proyek Jembatan Otista, para pekerja tengah berfokus pada pemadatan badan jalan dan saluran (crossingan). 

Selain itu, masih kata dia, sedikit titik longsor yang terjadi di sisi Kebun Raya Bogor juga jadi sorotan dan akan dituntaskan dalam beberapa jam ke depan.

“Kami maksimalkan waktu yang tersisa. Besok pagi kami akan gelar aspal untuk badan jalan. Hari ini akan kami tuntaskan pemasangan railing jembatan dan pengecatannya,” papar Rena saat berada di lokasi, Kamis (7/12/2023).

Rena tentunya berharap, jika cuaca hari ini cerah sehingga mendukung pekerjaan yang tengah dikejar. Hujan yang setiap sore mengguyur Kota Bogor disebutnya berpengaruh terhadap jam kerja proyek ini. 

Rena menargetkan, seluruh pekerjaan inti dapat selesai pada Jumat (8/12/2023) siang, sehingga pada sore atau malam harinya Forkopimda Kota Bogor dapat menggelar rapat koordinasi dan tasyakuran atas selesainya proyek Jembatan Otista.

“Nanti di rapat itu akan membahas rencana pembukaan kembali Jalan Otista. Dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polresta Bogor Kota akan membeberkan terkait pengaturan rekayasa lalu lintas. Sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) soal kebersihannya,” tegas Rena.

Ditambahkan Rena, dalam rapat ini juga akan menentukan tanggal dan jam pembukaan kembali Jalan Otista. Ia memperkirakan, pembukaan Jalur Otista akan berlangsung pada pertengahan Desember 2023. 

Sementara itu, Rena menyebut pekerjaan minor seperti tahap coating trotoar dan pembangunan tangga di sisi bawah menuju jalur pedestrian di atas Jembatan Otista dapat dilanjutkan hingga tanggal pembukaan kembali Jalur Otista.

Sebelumnya, ementara itu, PPK penggantian Jembatan Otista, Rukhudin Teguh Wibawa menuturkan, selain pemadatan dan pengaspalan bagian kiri dan kanan jembatan, pekerjaan yang masih perlu dilakukan yakni pemasangan railing jembatan serta box culvert di sisi kiri dan kanan Jembatan Otista.

“Railing besi yang saat ini sudah berdiri sebagai pembatas jembatan selanjutnya akan ditutup oleh material GRC,” tandasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.