Jokowi Resmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi. Firman | Pakar

MEGAMENDUNG – Bendungan Ciawi dan Sukamahi penyanggah banjir DKI Jakarta telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pada Jumat 23 Desember 2022. Presiden saat meresmikan didampingi Menteri PUPR, Menteri ATR/BPN, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Kedua bendungan yang terletak Di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor diprediksi akan menangkal banjir untuk wilayah DKI Jakarta. Bendungan Sukamahi memiliki luas lahan 5,23 hektare yang bisa menampung air 1,68 juta liter air dan reduksi banjir 15, 47 meter dan Bendungan Ciawi memiliki lahan 39.40 hektare juga bisa menapung air 6,05 juta liter dengan luas genangan 39,40 Ha.

“Bendungan Sukamahi kita harapkan bisa mengurangi banjir yang ada di Jakarta kurang lebih 30,6% dan tadi sudah dibisiki ke Wakil Gubernur DKI kalau Bendungan Ciawi dan Sukamahi ditambah dengan selesainya sodetan dari Ciliwung ke Banjir Kanal Timur (BKT) yang sekarang masih proses pembebasan lahan dan kita harapkan di bulan maret telah selesai juga akan mengurangi wilayah yang sebelumnya tergenang jadi menjadi tidak tergenang,” ungkap Jokowi.

Dengan telah selesainya pembangunan dua bendungan ini, akan mempengaruhi penyusutan wilayah yang terdampak banjir di DKI Jakarta.

“Dari sekitar 468 hektar menjadi 211 hekatar kurangnya hampir separo lebih. Bendungan Sukamahi, Ciawi dan sodetan BKT Ciliwung kalau normalisasi di 13 sungai di Jakarta dilakukan ini akan sangat baik, konsistensi ini yang saya sampaikan ke Gubernur DKI agar benar-benar terus dilakukan,” tandasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.