Jokowi Ingin DD Dimanfaatkan untuk Pengembangan Wisata Desa

0
17

BOGOR – Dana Desa semestinya tak melulu untuk pembangunan infrastruktur, melainkan pengembangan potensi desa secara global.

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo yang ditemui pewarta usai meresmikan jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi atau Bocimi seksi I di Cigombong, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/12/2018).

Mantan Wali Kota Solo itu pun menyontohkan pemanfaatan DD di Desa Umbul, Klaten, Jawa Tengah. Guliran DD dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata, sehingga keuntungan bersih Rp14 miliar didapat per tahun.

Kemudian, Desa Kutuh di Badung, Provinsi Bali yang bisa meraup keuntungan bersih Rp34 miliar per tahun dari sektor pariwisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Sejauh ini kami konsentrasi di infrastruktur dan sarana prasarana. Ke depan, kita harus geser ke pemberdayaan ekonomi melalui inovasi desa. Sekarang satu atau dua desa sudah melakukan hal tersebut,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut desa-desa di Jawa Barat, salah satunya Kabupaten Bogor, sangat kaya akan potensi wisata.

Bupati Bogor Nurhayanti sangat mendukung program dan kebijakan Presiden Jokowi untuk terus dilanjutkan karena sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Karena prioritas pembangunan yang mengunakan dana desa untuk membangun jalan desa, jembatan, drainase, tembok penahan tanah, sarana air bersih, MCK, gedung PAUD, posyandu, sarana olahraga desa, permodalan BUMDes dan kegiatan pelatihan masyarakat,” ujarnya.

YUSMAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.