Jerat Hukum Bagi ASN, Kades dan BPD yang Terlibat Kampanye Pemilu

0
24

BOGOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat dalam hiruk pikuk Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan, terdapat beberapa payung hukum yang mengikat netralitas abdi negara pada pemilihan umum.

Pertama, UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Kedua, surat edaran Menteri Pendayahgunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor B/71/M.SM.00.00/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang hal pelaksanaan netralitas bagi ASN pada Pilkada Serentak tahun 2018, Pileg 2019 dan Pilpres 2019.

Kemudian ketiga, PP Nomor 53 Tahun 2018 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Netralitas ASN dalam Pemilu adalah hal yang mutlak yang harus diikuti. Mereka harus menjaga marwah, tidak terpengaruh pada kepentingan orang perorang atau kelompok tertentu sebagai pengayom masyarakat. ASN juga tidak terpengaruh sirkulasi kekuasaan politik,” kata Burhan.

Menurut dia, ASN dengan segala kewenangan dan kekuasaan yang dimilikinya sangat rentan untuk dipengaruhi dan mempengaruhi serta berpihak pada salah satu pasangan atau calon.

“Isu netralitas ASN menjadi salah satu obyek pengawasan, tidak hanya oleh Bawaslu tapi juga oleh ASN dan masyarakat pada umumnya. Maka jangan pernah main-main dengan aturan,” tegas Burhan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah menambahkan,
UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ditegaskan ASN dilarang keras terlibat dalam kegiatan kampanye politik.

“Keterlibatan ASN, kepala desa, BPD, TNI dan Polri dalam kampanye caleg dan parpol itu masuknya pidana. Maka sudah jelas, jika terbukti dan diketahui terlibat dalam kampanye, sanksinya pidana,” tegas irvan.

Irvan pun menjelaskan ancaman pidana bagi para ASN yang terlibat dalam kampanye politik juga tertera dalam UU Nomor Tahun 2017 Pasal 493-494. “Ancaman kurungan paling lama satu tahun dan denda maksimal Rp 12 juta,” jelasnya.

KHAERUL UMAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.