Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Dramaga Terputus Diterjang Banjir

DRAMAGA – Curah hujan yang cukup tinggi pada rabu malam (19/52021), pasalnya hujan di sertai angin kencang melulu lantangkan dan mengakibatkan jembatan antar penghubung Kecamatan Dramaga dan Ciomas putus. Menurut Camat Dramaga, Ivan Pramudia, bahwa jembatan penghubung antar dua kecamatan itu merupakan penghubung dua desa yakni Ciapus dan Sukawening, jembatan tersebut membentang di atas aliran anak kali Ciapus.

“Jembatan ini terputus akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi tadi malam. Jembatan ini penghubung dua desa Ciapus dan Sukawening,” ujarnya, Kamis (20/5/2021).

Sementara itu, Ivan mengatakan bahwa salah satu penyebab banjir yang melanda sejumlah wilayah Dramaga diakibatkan oleh tumpukan sampah. “Salah satu indikasi penyebab terjadinya banjir adalah menumpuknya sampah dititik-titik tertentu. Jadi ada penyumbatan sampah sehingga ketika debit air tinggi sampah tersebut menumpuk dan menjadi beban,” jelasnya.

Terkait penanggulangan, Ivan menegaskan bahwa pembangunan jembatan yang rusak harus terlebih dahulu dimusyawarahkan.”Nanti kita arahkan Kepala Desa Sukawening berkoordinasi dengan Kepala Desa Ciapus, karena ini melibatkan dua desa. Jadi harus dibentuk badan kerja sama antar desa untuk pembangunannya,” tutur Camat.

Selain itu, Ivan memaparkan bahwa akibat hujan deras yang turun tadi malam, sejumlah desa yang masuk ke wilayah Dramaga terdampak banjir. “Untuk yang terdampak banjir itu di Kecamatan Dramaga ada empat desa yaitu Sukawening, Ciherang, Sirnasari, dan Dramaga,” tandasnya.

Sementara Itu Menurut Kepala Desa Sukawening, Jarkasih mengatakan jembatan itu dibangun pada 2016, dan menghubungkan antara Desa Sukawening dan Ciapus.Menurutnya, akses jembat tersebut biasanya digunakan masyarakat ke dua desa untuk mengangkut hasil pertanian.”Sekarang terputus akses warga pun terhambat dan rencananya akan dibuat jembatan darurat dulu,” katanya. Kades menambahkan akibat bajir itu juga selain mengakibatkan jembatan terputus juga membuat pipanisasi saluran air bersih untuk warga terputus karena diterjang bajir.”Sekarang pasokan air bersih untuk warga terganggu,” singkat dia. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.