Jemaah Haji Asal Cianjur Meninggal Dunia di Tanah Suci Mekah

Inilah jemaah haji asal Cianjur yang meninggal dunia usai mendapatkan perawatan medis saat melaksanakan ibadah haji. (Ist)

CIANJUR – Hj Hobsiah (72) Bin Oim Okin Seorang jemaah haji asal Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur meninggal dunia, jelang kepulangannya dari tanah suci Kota Mekah, Arab Saudi, Rabu, (19/06/2024).
Berdasarkan Informasi yang dihimpun, almarhumah meninggal di Rumah Sakit (RS) Mekah Medical Center di Saudi Arabia karena Shock CardiogenicCardiogenic sekitar pukul 05:00 WAS (Waktu Arab Saudi).


Kepala Seksi (Kasi) PenyelenggaraHaji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Cianjur, H. Rian Fauzi membenarkan adanya seorang jemaah asal Kabupaten Cianjur yang meninggal dunia di Saudi Arabia karena sakit.


“Innalillahi wa innailaihi rojiun, iya benar. Saya mendapatkan informasi dari petugas kita mendampingi jemaah haji,” kata Rian.
Saat ini, lanjut Rian, jenazah Hj Hosbiah asal Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur masih berada di Rumah Sakit Mekah Medical Center.


“Jenazah nantinya dimakamkan di Tanah Suci Mekah, karena memang regulasinya seperti itu untuk Jemaah Haji,” kata dia.
Rian menjelaskan, Hobsiah awalnya mengeluhkan sakit dan langsung dirawat di klinik pada 14 Juni 2024. “Awalnya sakit, kemudian dibawa ke klinik untuk dirawat. Sempat juga beberapa hari dirujuk ke rumah sakit,” kata dia.


Menurut Rian, kondisi kesehatan Hobsiah kembali membaik setelah 4 hari dirawat. Namun saat di hotel dan akan berangkat untuk melaksanakan rangkaian puncak ibadah haji, kesehatan Hobsiah kembali memburuk. “Saat akan berangkat Armuzna beliau ngedrop lagi. Setelah dirawat beberapa jam, ibu Hobsiah dinyatakan meninggal dunia,” kata dia.


Dijelaskannya, Hobsiah melaksanakan ibadah haji bersama suaminya dan berangkat bersama jemaah lain di kloter 22. “Masuknya kloter 22. Rencananya pulang pada 2 Juli 2024 mendatang,” kata dia.


Dia menuturkan kabar meninggalnya Hobsiah sudah diinformasikan juga pada keluarga di tanah air. “Sudah diberitahukan pada keluarga. Selanjutnya Hobsiah pun dimakamkan di Pemakaman Soraya, tempat pemakaman umum bagi jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Mekah,” jelasnya.


Dia menambahkan untuk saat ini tidak ada jemaah haji asal Cianjur yang dirawat atau sakit. Meski begitu, pihaknya sudah meminta para pendamping haji untuk terus mengimbau jemaah untuk selalu menjaga kesehatannya. “Sementara itu tidak ada yang sakit apalagi dirawat. Hanya satu saja yang sakit dan meninggal yakni Bu Hobsiah. Kami mengimbau untuk menjaga kesehatan selama mengikuti rangkaian ibadah haji,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.