Jelang Porprov, Pradipta Ramadhandy Putra Kejar Limit Waktu Tercepat

Perenang putra Kabupaten Bogor, Pradipta Ramadhandy Putra W, tengah berlatih mempercepat catatan waktu, di Kolam Renang Puri Nirwana Cibinong, Kabupaten Bogor, belum lama ini. (Abriadi | Pakar)

CIBINONG – Atlet renang putra Kabupaten Bogor, Pradipta Ramadhandy Putra, terus mengejar limit waktu tercepatnya, disisa waktu sembilan bulan sebelum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022, digelar pada November mendatang.

Catatan waktu yang dikejar Pradipta, merupakan target utama, supaya bisa mempertahankan raihan satu medali emas yang diraihnya dari nomor 100 meter gaya bebas, dua medali perak di nomor 100 meter kupu-kupu, nomor 50 meter gaya bebas, serta satu medali perunggu dari nomor 200 gaya bebas, ketika tampil di ajang Kualifikasi Porprov 2021 lalu di Kota Cirebon.

Apalagi lawan yang bakal dihadapi atlet renang binaan dari salah satu klub anggota Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bogor tersebut, beberapa nama di antaranya merupakan atlet-atlet eks PON atau wildcard. Sehingga Pradipta tengah fokus mempersiapkan dirinya dengan giat berlatih, di Kolam Renang Puri Nirwana, Cibinong, secara kontinyu.

“Saat ini saya fokus berlatih mengejar limit waktu tercepat saya. Apalagi target yang harus saya capai sebelum Porprov 2022, harus bisa tambah dua detik dari catatan waktu yang saya capain pada saat BK Porprov 2021 lalu,” kata Pradipta, Rabu (9/2/2022).

Pradipta mengatakan, target dua detik yang saat ini dikejarnya bukan hal yang mudah, tapi membutuh waktu yanh lumayan panjang. Namun dirinya optimis, mampu mencapai limit waktu yang maksimal disisa waktu persiapan sembilan bulan kedepan, sebelum Porprov 2022 digelar.

“Untuk satu detik saja butuh berapa bulan agar bisa tercapai. Apalagi dua detik, tapi kalau kita yakin dan dibarengi dengan latihan lebih giat, mudah-mudahan bisa,” katanya menjelaskan.

Selain fokus berlatih kata Pradipta, dirinya juga ingin mengikuti beberapa kejuraan-kejuaraan renang tahun 2022. Tapi kalau melihat kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, maka efektifnya difokuskan untuk betlatih.

Pradipta menambahkan, capaian yang diraihnya pada BK Porprov 2021, tidak terlepas dari kerja keras dan kegigihannya selama berlatih. Sehingga dia mampu meraih satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu.

“Raihan itu adalah hasil dari kerja keras saya selama berlatih. Namun perjuangan belum berakhir karena Porprov sesungguhnya baru digelar November 2022 mendatang. Jadi saya harus terus berlatih sampai pelaksanaan Porprov 2022 digelar,” jelasnya.

Soal target kata Pradipta, tentunya ingin mempersembahkan medali emas untuk tim renang Kabupaten Bogor. Namun semua itu bisa terwujud, apabila dibarengi dengan fokus berlatih mempercepat limit waktu. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.