Jelang PON dan BK Porprov, Tim Panjat Tebing Jabar Gelar Simulasi Pertandingan Melawan Duo Bogor

Dua atlet panjat tebing putri Kota Bogor, tengah melakukan pemanjatan kategori speed word record putri, dalam simulasi bersama tim Pelatda Jawa Barat, Pelatcab Kota/Kabupaten Bogor, di Wall Climbing Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (15/9/2021). Abriadi | Pakar

CIBINONG – Tim panjat tebing Jawa Barat, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor, menjalani simulasi pertandingan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, dan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat 2021, di Wall Climbing Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (15/9/2021).

Simulasi tim panjat tebing PON Jawa Barat bersama tim Kota/Kabupaten Bogor, merupakan ajang pemanasan para pemanjat khusus kategori speed Jawa Barat untuk PON Papua 2021, dan tim Pemusatan Latihan Cabang (Pelatcab) Panjat Tebing Kota/Kabupaten Bogor.

Pelatih Panjat Tebing Jawa Barat, untuk kategori speed word record, Dede mengatakan, simulasi yang dilakukan tim Jawa Barat dengan tim Pelatcab Kota/Kabupaten Bogor, merupakan ajang pemanasan sebelum tim Jawa Barat bertolak ke Papua pada 19 atau 20 September 2021 nanti.

“Simulasi ini sifatnya pemanasan bagi tim speed word record Jawa Barat, dan sekaligus ingin melihat lebih jauh persiapan, serta performa pemanjat sebelum bertanding di ajang PON Papua 2021,” ujarnya.

Dede menambahkan, bahwa persiapan tim speed word record Jawa Barat sudah siap tanding. Hanya saja, sebelum bertolak ke Papua, tim perlu penguatan limit waktu tercepat pemanjatan, pengutan pada saat star supaya tidak fall, performa dan lain sebagainnya.

“Kita berharap, semua atlet yang akan bertanding untuk Jawa Barat di ajang PON Papua 2021 ini, dalam keadaan sehat hingga pelaksanaan PON digelar, serta bisa mempersembahkan prestasi emas dari kategori speed word record pada pentas olahraga paling akbar empat tahunan di Indonesia nanti,” pungkasnya.

Sementara itu, pelatih tim panjat tebing Kota Bogor, Siti Robiah mengatakan, bahwa hasil dari simalasi yang dijalani timnya, masih akan di evaluasi. Mulai dari limit waktu, teknik pemanjatan, dan beberapa hal penting lainnya, hingga pelaksanaan BK Porprov 2021 digelar.

“Masih banyak yang harus di evaluasi, dan hasil simulasi ini akan jadi penguatan bagi kami untuk memperbaiki semua kekurangan yang ada dimasing-masing pemanjat, baik secara mental, limit waktu, dan teknik pemanjatan atlet,” ucap wanita yang akrab disapa Obi ini.

Di tempat yang sama pelatih tim panjat tebing Kabupaten Bogor, Fahri juga menambahkan, kalau dari simulasi ini, pihaknya masih perlu melakukan evalusi terhadap pemanjat, mulai dari mental, penguatan teknik pemanjatan, dan paling penting limit waktu tercepat pemanjatan atlet kategori speed word record putra, maupun putri.

“Yang jelas kita akan evaluasi setiap atlet, dan itu semua untuk mencapai hasil yang maksimal dari masing-masing atlet,” kata Fahri. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.