Jelang Penetapan DCT, KPU Kabupaten Bogor Terima Perbaikan Data 90 Bacaleg

Ilustrasi penetapan Daftar Calon Tetap. IST

CIBINONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, menerima perbaikan data sebanyak 90 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) menjelang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Sabtu (4/11/2023).

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Bogor, Asep Saepul Hidayat mengungkapkan, perbaikan data yang dilakukan 90 Bacaleg tersebut di antaranya perbaikan data berupa ejaan nama dan lain-lain.

“Yang sekarang lebih fokus kepada penulisan ejaan, kemudian juga penempatan titik koma serta gelar. Kalau untuk nomer urut sudah tidak bisa, makanya lebih ke pengejaan saja,” ungkap Asep Saepul, Jumat (3/11/2023).

Meski begitu, dia memprediksi jumlah Bacaleg di Kabupaten Bogor tidak mengalami perubahan seperti yang tercantum dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

“Ya sepertinya tidak akan mengalami perubahan untuk DCT seperti yang ada dalam DCS waktu kemarin,” kata dia.

Diketahui, pada DCS belum lama ini, KPU Kabupaten Bogor menetapkan Bacaleg DPRD Kabupaten Bogor untuk Pemilu 2024 sebanyak 883 orang.

Jumlah DCS bacaleg DPRD Kabupaten Bogor 2024 yang ditetapkan secara resmi merupakan bacaleg yang sudah Memenuhi Syarat (MS) dari 18 partai politik untuk enam daerah pemilihan.

Dari 883 orang Bacaleg yang telah memenuhi syarat, 581 di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 302 perempuan.

Sebelum tahapan verifikasi administrasi, jumlahnya ada sebanyak 969 bacaleg yang didaftarkan dan melakukan perbaikan. Kemudian berkurang menjadi 883 orang karena 86 orang tidak memenuhi syarat atau TMS.

Penetapan DCS diumumkan secara resmi melalui media cetak dan elektronik atau website serta media sosial resmi KPU dari tanggal 19-23 Agustus 2023, dengan tujuan mendapat tanggapan atau masukan dari masyarakat terkait dengan pemenuhan syarat administrasi calon. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.