Jelang BK Porprov, FPTI Geber Program Latihan

Atlet panjat tebing Kabupaten Bogor, fokus melakukan pemanjatan jalur lead dan boulder di papan boulder yang ada di mess Pengcab FPTI. Abriadi | Pakar

CIBINONG – Pelatih panjat tebing Kabupaten Bogor, Fakhry Husainy memastikan ke-20 atlet yang tergabung dalam tim Pemusatan Latihan Cabang (Pelatcab) Panjat Tebing ‘Bumi Tegar Beriman’ fokus berlatih teknik pemanjatan boulder dan lead, di papan boulder yang ada di mess Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Bogor.

Sedangkan untuk kategori speed kata Fakhry para atlet lebih difokuskan kepada latihan fisik. Mengingat, sambung dia, pemanjatan speed harus langsung dilakukan di wall speed yang ada di Lapangan Tegar Beriman, ataupun di wall Stadion Pakansari.

Tapi karena dua wall tersebut belum boleh dipergunakan, dikarenakan masih dalam masa PPKM. Maka latihannya lebih ke fisik.

“Teknik pemanjatan boulder dan lead sekarang kita fokuskan kepada atlet. Tapi untuk kategori speed masih lebih kepada fisik, sambil menunggu diperbolehkannya fasilitas wall lapangan tegar beriman, dan wall yang ada di Stadion Pakansari dipakai kembali oleh pemerintah,” ujar Fahkry Husaini, Senin (1/3/2021).

Ia menjelaskan, selama wall di Lapangan Tegar Beriman dan Stadion Pakansari belum diperbolehkan dipakai untuk latihan, tentunya atlet yang telah dipersiapkan untuk kategori speed akan sulit berlatih. Karena, speed adalah kategori catatan waktu tercepat atlet dalam melakukan pemanjatan.

“Kita akan kesulitan mengejar waktu tercepat atlet dari kategori speed, kalau dua fasilitas olahraga panjat tebing itu belum dibuka untuk tempat berlatih atlet. Karena atlet kita hanya fokus dilatihan fisik bukan pemanjatan langsung dipapan speed. Tapi untuk kategori lead dan boulder kita masih bisa di wall yang ada di mess FPTI Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Fakhry berharap, kedua fasilitas olahraga panjat tebing itu bisa dipergunakan untuk berlatih atlet yang sedang fokus mempersiapkan diri sebelum bertanding di ajang Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat 2021 nanti. =ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.