Jelang BK Porprov 2021, KONI Kota Bogor Lakukan Hal ini Kepada Pelatih Cabang Olahraga

Para pelatih cabang olahraga KONI Kota Bogor, tengah mengikuti pembekalan pelatihan kondisi fisik dari Bidang Pembinaan Prestasi dan Bidang Sport Science, melalui Zoom Meeting, Minggu (7/2/2021). (Ist)

BOGOR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor, melalui Bidang Pembinaan Prestasi dan Bidang Sport Science, penerapan IPTEK Olahraga memberikan pembekalan pelatihan kondisi fisik bagi para pelatih cabang olahraga anggota KONI.

Pembekalan yang dilakukan KONI, terhadap pelatih, merupakan upaya dalam meningkatan kapasitas tenaga keolahragaan terkait upaya peningkatan kapasitas fisik atlet Kota Bogor ditengah masa pandemi, dan upaya persiapan menuju Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat 2022 tahun 2021.

Seperti dikatakan Kabid Binpres KONI Kota Bogor, Yudi Wahyudi, pembekalan pelatihan kondisi fisik bagi para pelatih cabor di Kota Bogor. Khususnya para pelatih fisik dari masing-masing cabor, merupakan upaya KONI dalam mempersiapkan kondisi fisik atlet menuju BK Porprov 2021.

“Pembekalan ini kita mulai sejak 6 Februari 2021 hingga Juli 2021, dengan pembagian jadwal kegiatan kepada pelatih. Baik secara daring/online melalui Zoom Meeting maupun pertemuan tatap muka/seminar, diskusi, penugasan serta praktek lapangan,” ujar Yudi Wahyudi, Minggu (7/2/2021).

Yudi menjelaskan, pemateri pembekalan yang diberikan pada pelatihan ini adalah, fisiologi olahraga, anatomy, sistem energi aerob, dan an anerob. Sedangkan prinsip-prinsip latihan fisik, pembebanan latihan fisik, komponen-komponen latihan kondisi fisik, test, pengukuran dan evaluasi, fisioterapi olahraga, PPCO, prinsip-prinsi ecovery, perencanaan, penyusunan periodisasi, program latihan fisik, dengan fasilitator tim binpres dan sport science KONI Kota Bogor yang akan menghadirkan juga fasilitator lainnnya dari para pelatih fisik nasional yang sedang menangani pelatnas saat ini.

“Kapasitas fisik adalah suatu indikator utama dalam upaya pencapaian prestasi khususnya pada tahun 2021. Apalagi tahun ini, adalah tahun penguatan potensi prestasi dalam upaya menuju BK Porprov. Maka dari itu kita memberikan pembekalan pelatihan kondisi fisik bagi para pelatih cabang olahraga anggota KONI Kota Bogor,” pungkasnya. ADI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.