Jelang Akhir Masa Jabatan Bupati, Ketua DPRD: Pembangunan Kabupaten Bogor Tak Lepas dari Kontribusi Ade Yasin

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Dok | Pakar)

CIBINONG – Nama Ade Yasin seperti telah menjadi magnet di Kabupaten Bogor. Bagaimana tidak, jelang akhir masa jabatan Bupati Bogor periode 2018-2023, jasa besarnya dalam membangun daerah dibahas oleh DPRD dalam Rapat Paripurna Pengumuman Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah periode 2018-2023, pekan lalu.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto menyebut kemajuan pembangunan Kabupaten Bogor tak lepas dari kontribusi Ade Yasin.

Menurutnya, Ade Yasin memiliki jasa besar terhadap pembangunan di wilayah ini. Salah satunya program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade) sebagai output dari Pancakarsa.

“Mohon maaf, Bu Ade menjabat hanya berapa tahun tapi banyak capaian yang sudah dibuat dan kita tidak boleh lupa,” kata Rudy.

Memasuki satu bulan terakhir sisa masa jabatan Bupati Bogor yang kini dijabat Iwan Setiawan, Rudy menyebut baik Iwan maupun Ade Yasin adalah dua sosok yang harus mendapatkan apresiasi.

Politisi Gerindra itu menyebut, Ade Yasin-Iwan Setiawan yang maju bersama pada Pilkada 2018, sama-sama memiliki andil besar dalam membangun Kabupaten Bogor pada lima tahun belakangan ini.

Sebagai bentuk apresiasi pada Ade Yasin dan Iwan Setiawan, saat itu, DPRD secara khusus menampilkan video kilas balik kiprah dua sosok tersebut, termasuk program Pancakarsa yang menjadi jargon pembangunan.

Menurut Rudy, pembangunan Kabupaten Bogor hingga saat ini tidak terlepas dari kontribusi pemikiran dan kerja keras Ade Yasin saat menjabat menjadi Bupati Bogor.

Sebab, kata dia, meski Ade Yasin sudah tidak lagi menjabat, namun kebijakan-kebijakan yang dibuatnya tetap dilanjutkan oleh Bupati Iwan Setiawan.

“Akhir masa jabatan ini, adalah kebijakan yang dibuat secara bersama-sama. Pak iwan tidak membuat kebijakan di tengah perjalanan, tidak mengubah visi-misi yang sudah dibuat di awal,” papar dia.

Misalnya, lanjut Rudy, program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa alias Samisade yang menjadi program unggulan Ade Yasin. Program yang dimulai pada era kepemimpinan Ade Yasin itu tetap berlanjut hingga tahun ini dan kembali dianggarkan pada APBD 2024.

“Hari ini, kepala desa berbicara infrastruktur desa semuanya menghendaki untuk tetap dilanjutkan (Samisade). Kalau memang baik apresiasi, kalau memang kurang jangan dikritisi terlalu dalam, tetapi sumbang saran dan sumbang pikiran,” pinta dia.

Rudy berjanji, program-program Ade Yasin yang sudah dicanangkan sejak awal menjabat, akan diteruskan dan dikawal pelaksanaannya hingga jabatan DPRD Kabupaten Bogor habis pada Agustus 2024 mendatang.

“Program Pancakarsa, program yang menurut kami cukup baik. Tentunya kami DPRD Kabupaten Bogor yang masih memiliki jabatan hingga agustus 2024 tugasnya adalah kita lengkapi bersama-sama apa yang kurang supaya pelayanan masyarakat terpenuhi dan berjalan lebih maksimal,” tandasnya. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.