Jejak Sukses Cholid Askar dan Perjalanan Bisnisnya

Penulis : Maura Ayuning Munir

Cholid Askar adalah pemilik toko Kanung Bakery yang terkenal dengan roti konde di Bogor, Jawa Barat. Kisahnya dimulai dari ibunya, Nur Ahmad Sungkar, seorang single mother yang memulai usaha roti canai pada tahun 1974 untuk menghidupi enam anaknya setelah ditinggalkan oleh suaminya.

Cholid membantu ibunya menjual roti canai sejak masih kecil dan terus mengembangkan bisnis tersebut. Meskipun menghadapi kondisi sulit, Nur berhasil membesarkan anak-anaknya hingga mereka semua lulus sarjana, termasuk Cholid.

Dengan kerja keras dan konsistensi, Cholid melanjutkan bisnis roti canai dan memperluasnya dengan membuka Kanung Bakery. Kesuksesan Cholid merupakan hasil dari dedikasi dan perjuangan keras dalam mengatasi berbagai kendala serta mempertahankan tradisi bisnis keluarga.

Cholid Askar terjun ke dalam dunia bisnis sejak usia dini saat ibunya, Nur Ahmad Sungkar, memulai usaha roti canai pada tahun 1974 untuk menghidupi enam anaknya setelah ditinggalkan oleh suaminya.

Sejak itu, Cholid aktif membantu ibunya dalam menjual roti canai, mengajarkan nilai-nilai kerja keras dan tanggung jawab sejak usia muda. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Cholid meraih gelar insinyur, menandai dedikasinya terhadap pendidikan dan memberikan landasan yang kuat bagi kariernya di masa depan.

Setelah lulus dari universitas, Cholid memulai karirnya di berbagai perusahaan ISO dan tekstil di wilayah Banjaran, Bandung, dan Kabupaten Bogor, yang memberikannya pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia bisnis dan manajemen.

Meskipun demikian, ia tetap setia menjalankan bisnis roti canai keluarganya, menunjukkan kesetiaan dan komitmen terhadap tradisi keluarga. Pada tahun 2002, Cholid mengambil langkah besar dengan membuka Kanung Bakery, sebuah perusahaan bakery khas Timur Tengah di Bogor, yang menandai ekspansi bisnisnya dari usaha keluarga menjadi bisnis yang lebih besar dan mapan.

Cholid terus berinovasi dalam produknya, seperti menciptakan roti konde, dan memperluas jangkauan bisnis dengan membuka cabang di Jakarta dan Bandung. Kemampuannya untuk berinovasi dan berkembang memperkuat posisinya sebagai pemimpin bisnis yang sukses.

Perilaku Cholid Askar mengajarkan pentingnya kerja keras, konsistensi, dan komitmen dalam meraih kesuksesan dalam hidup dan bisnis. Dengan terlibat sejak usia dini dalam bisnis keluarganya dan konsisten menjalankannya meskipun sudah memiliki karir di perusahaan lain, Cholid menunjukkan nilai-nilai ini sebagai fondasi utama dalam mencapai tujuan.

Inovasinya dalam produk dan ekspansi bisnis juga menegaskan komitmen dan kesetiaannya terhadap visi bisnisnya. Dengan menerapkan nilai-nilai kerja keras, konsistensi, dan komitmen yang sama, seseorang dapat memperkuat peluang untuk mencapai kesuksesan dalam hidup dan karier mereka.

Dari perjalanan hidup Cholid Askar yang penuh dengan perjuangan dan dedikasi, tergambar gambaran seorang pemimpin bisnis yang sukses dan inspiratif.

Mulai dari awalnya terlibat dalam bisnis keluarga, menjalani pendidikan tinggi, hingga kemudian membangun dan mengembangkan Kanung Bakery, Cholid telah menunjukkan nilai-nilai penting seperti kerja keras, konsistensi, komitmen, dan inovasi.

Kesetiaannya terhadap tradisi keluarga dan kemampuannya untuk terus berkembang dan berinovasi telah mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin yang patut dijadikan teladan bagi banyak orang.

Melalui kisah hidupnya, Cholid mengajarkan bahwa dengan tekad dan usaha keras, seseorang dapat mencapai kesuksesan dalam hidup dan bisnis, serta memberikan inspirasi bagi orang lain untuk mengikuti jejaknya.***

Referensi
https://www.idxchannel.com/amp/inspirator/simak-kisah-sukses-dato-sri-tahir-yang-mengawali-bisnisnya-dari-nol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.