Jaringan Alumni Terus Dikembangkan, DPC Internasional HA IPB di Belanda Dilantik

Foto bersama usai pelantikan DPC Internasional HA IPB Belanda. IST

BOGOR – Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University melanjutkan pengembangan jaringan alumni dan konsolidasi organisasi pada lingkup global. Kini giliran DPC Internasional HA IPB yang tinggal di Belanda yang dilantik kepengurusan oleh Ketua Umum DPP HA IPB, Walneg S Jas.

“Dari 40 negara jaringan diaspora alumni IPB, DPP HA IPB menargetkan untuk meningkatkan status sebanyak 15 negara yang saat ini sebagai kordinator diaspora menjadi DPC Internasional HA IPB,”jelas Walneg dalam keterangan tertulisnya.

Pelantikan itu sendiri dilaksanakan pada Sabtu (19/11) di Aula KBRI Belanda. Menurut Walneg, saat melakukan pelantikan Ketua DPCI Belanda periode 2022-2026 Micha Gracianna Devi dan Sekretaris Ditta Hakha Soleha dihadiri Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Agus Setiabudi mewakili Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda.

“Belanda merupakan DPCI yang keempat yang kami lantik dari target 15 DPCI sampai tahun 2025 nanti. Pelantikan ini memiliki makna yang sangat strategis bagi HA IPB antara lain sebagai wujud konkrit pengembangan jaringan intetnasional, sebagai bagian dari dukungan HA IPB untuk peningkatan reputasi dan kerjasama internssional IPB, serta tidak kalah pentingnya adalah sebagai wadah fasilitasi akses dan pendampingan mahasiswa IPB alumni muda untuk mengakses pendidikan dan dunia kerja di tingkat global,” jelasnya.

Lebih lanjut Walneg mengungkapkan bahwa peresmian DPCI Belanda ini merupakan ikhtiar dari DPP HA IPB untuk terus mendorong kontribusi konkrit bagi alumni, almamater dan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Atdikbud RI untuk Kerajaan Belanda, Agus Setiabudi mengatakan sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelantikan DPCI Belanda HA IPB ini.

” HA IPB sudah go global dan banyak sekali programnya, kami siap bekerjasama misalnya dalam bidang peningkatan jejaring diaspora, mendorong kerjasama penelitian ataupun pendampingan akses kuliah ke belanda bagi alumni IPB dan generasi muda Indonesia umumnya,” kata Agus.

Rektor IPB University Arif Satria dalam sambutannya secara daring mengapresiasi penuh pelantikan DPCI HA IPB Belanda ini. Arif mengatakan bahwa dengan semakin banyaknya representasi jaringan diaspora alumni IPB dalam bentuk DPCI di luar negeri.

“Semoga akan semakin mendukung ikhtiar kita untuk menjadikan alumni IPB mendunia, bukan untuk gagah-gagahan, melainkan untuk memberikan manfaat yang lebih banyak bagi IPB, Indonesia bahkan dunia,”kata Arief.

Pelantikan dan pengukuhan DPCI HA IPB Belanda, juga dirangkaikan dengan kegiatan pameran internasional HA IPB yaitu program IBA-X di RAI Amsterdam yang rencana nya akan digelar pada tanggal 22-23 November ini. Pada kesempatan ini, HA IPB melalui Badan Otonomnya ABC HA IPB membawa 100 produk pangan alumni IPB beserta produk jaringan kemitraan HA IPB mengikuti pameran internasional Free From Functional Healthy Food and Ingredient yang digelar di Belanda.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.