Jangan Gagal Faham, Ini Tiga Langkah Penting Dilakukan Setelah Menjalani Vaksinasi

Praktisi medis, dokter Agnes Anastasia, SH.MH. Fahri | Pakar

KEMANG – Saat ini pemerintah terus berusaha maksimal menangani dan menanggulangi penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan giat program vaksinasi secara gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk tahap awal program vaksinasi Covid-19, sasaran penerima vaksin adalah tenaga kesehatan (nakes) dan aparatur pemerintahan. Lalu langkah-langkah apa saja yang penting dan harus dilakukan oleh seseorang yang telah menerima vaksin Covid-19?

Praktisi medis yang juga Direktur Utama PT. Pelita Medika Sentosa, dokter Agnes Anastasia, SH.MH mengatakan, setidaknya ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dan dilakukan setelah mendapatkan vaksinasi yaitu, pertama istirahat yang cukup dan jangan stress.

“Lalu langkah yang kedua adalah mengkonsumsi makanan yang cukup protein, vitamin dan nutrisi untuk pembentukan rumah antibodi di tubuh kita,” ungkap dokter Agnes, sapaan akrabnya.

Langkah yang ketiga, lanjutnya, adalah melaksanakan proteksi dan protokol kesehatan yang lebih ketat, dengan melakukan 5 M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak fisik, Mencuci tangan dengan sabun, Menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi.

“Tiga hal atau langkah tersebut penting dilakukan, agar potensi tertular dari infeksi penyakit dapat dihindari sebelum antibodi ditubuh kita terbentuk dengan baik,” jelas wanita yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) ini. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.