Jalur Prestasi di SMPN 1 Cibinong Dipersulit, Ini Keluhan Orangtua Siswa

CIBINONG – Sejumlah orang tua peserta mengeluhkan persyaratan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi dipersulit SMP Negeri 1 Cibinong, pada Rabu (3/7/2024).

Hal itu dikeluhkan oleh salah satu orang tua peserta yang enggan disebutkan namanya bahwa dirinya telah menyiapkan semua persyaratan termasuk sertifikat hingga piala kejuaraan tanda bukti telah mengikuti perlombaan baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.

“Saya sudah menyiapkan semua persyaratan untuk anak saya masuk SMPN 1 Cibinong melalui PPDB jalur prestasi. Tapi menurut pihak sekolah kalau persyaratan saya belum lengkap, padahal saya sudah memiliki bukti sertifikat, piala hingga video kemenangan saat perlombaan,” katanya kepada PAKAR, pada kemarin Selasa 2 Juli 2024.

Ia menuturkan bahwa pihak panitia PPDB meminta dirinya untuk memiliki surat pengantar dari panitia pelaksana (penyelenggara) dalam perlombaan.

“Pihak sekolah meminta surat pengantar dari panitia pelaksana padahal saya sudah ada rekomendasi dari askap dan Koni. Sementara untuk mencari panitia ini kan ga tau ada dimana, dan jarak tempuhnya jauh,” kesalnya.

Sementara itu Panitia PPDB Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Muchlis mengatakan bahwa itu merupakan kebijakan sekolah dalam pemenuhan persyaratan untuk mengikuti PPDB tahun ajaran 2024/2025.

“Memang kouta jalur prestasi akademik dan non akademik itu 30 persen. Dan pihak sekolah juga memiliki kebijakan untuk meminta para peserta untuk melengkapi persyaratan PPDB dan tindakan pihak sekolah itu bukan mempersulit tetapi hanya sebagai salah satu persyaratan saja bagi para peserta,” ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa hal itu untuk mengantisipasi tindak kecurangan dalam pelaksanaan PPDB di SMP Negeri 1 Cibinong. “Sertifikat itukan dikeluarkan oleh pihak penyelenggara jadi wajar saja mereka mempertanyakan, jadi bukan mempersulit namanya,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.