Jalur Mudik, Ratusan Relawan Retana Disiagakan BPBD Cianjur

CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, siagakan sebanyak 500 orang relawan tangguh bencana (Retana). Hal tersebut, sebagai langkah pengawasan dan pemantauan serta melaporkan jalur mudik rawan bencana seiring masih tingginya curah hujan di setiap kecamatan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sukma Wijaya di Cianjur membenarkan jika pihaknya telah mendapatkan informasi dari BMKG mengenai curah hujan disertai angin kencang dan petir akan melanda sebagian besar wilayah Cianjur hingga April 2024.

Sehingga, kata Asep, kewaspadaan warga terutama di wilayah rawan bencana harus ditingkatkan. “Sejak beberapa hari terakhir hujan deras dengan intensitas tinggi melanda Cianjur menjelang malam, sehingga menyebabkan sejumlah bencana alam dan longsor kecil menutup landasan jalan terutama kebagian wilayah cianjur selatan, sehingga perlu diwaspadai,” kata Asep, kepada wartawan, Rabu, (03/04/2024).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut Asep pihaknya meminta ratusan relawan yang wilayahnya masuk dalam jalur mudik seperti wilayah utara hinggga wilayah cianjur selatan mulai dari Kecamatan Cipanas sampai Naringgul perbatasan dengan Kabupaten Bandung untuk melakukan pemantauan.

“Kami akan segera menindak lanjuti setiap laporan yang masuk dan harus segera dilakukan tindakan antisipasi agar bencana alam tidak memutus jalur yang akan dilalui pemudik yang diperkirakan akan mulai terlihat pekan depan,”terangnya.

Dia mengaku jika BPBD telah mencatat sejumlah jalur mudik yang rawan longsor mulai dari kawasan Puncak-Cipanas, Cibeber-Sukanagara, Pagelaran-Cibinong, dan kawan Cidaun-Nariggul, dimana jalur tersebut berstatus jalan provinsi dan jalan negara.

“Makanya kami meminta agar warga, khususnya pengguna jalan dan pemudik, tetap berhati-hati dan waspada saat melintas jalur rawan bencana, lebih baik berhenti di tempat aman ketika hujan turun deras lebih dari dua jam,” pungkasnya=BNM/SYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.