Jalur Lambat Berproses, Pemkab Bogor Butuh Duit Hingga Rp1,6 Triliun untuk Selesaikan Jalan Bomang

Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang). (Dok.Pakar)

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, membutuhkan anggaran hingga Rp1,6 triliun untuk menyelesaikan pembangunan Jalan Bojonggede-Kemang (Bomang).

Jalan yang akan menghubungkan Jalan Raya Tegar Beriman dan Jalan Raya Parung tersebut hingga saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengaku sudah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) untuk senantiasa berkomunikasi dengan pemerintah pusat akan kondisi tersebut.

“Saya (sudah) meminta Dinas PUPR dan Bappedalitbang untuk berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” kata Iwan, Minggu (11/12/2022).

Besarnya anggaran pembangunan jalan tersebut dikarenakan adanya rel kereta api dan aliran sungai yang harus dilewati jalan agar terhubung dengan Jalan Raya Tegar Beriman.

Di samping itu, Iwan juga mendesak DPUPR mendorong penyedia jasa untuk cepat menyelesaikan pembangunan proyek senilai Rp90 miliar di jalur lambat Jalan Bomang yang tengah dikerjakan.

Dia mewanti-wanti akan hal tersebut.
Terlebih progres pembangunan mengalami deviasi negatif atau meleset 10 persen dari target seharusnya.

Dalam catatan Iwan, hingga awal Desember, progres pembangunan baru mencapai 70 persen, sementara kontrak berakhir pada akhir Desember 2022.

“Harus dipercepat agar tahun 2023 bisa digunakan oleh masyarakat. Dinas PUPR juga harus melecut penyedia jasa untuk mengejar deviasi negatif itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DPUPR Kabupaten Bogor, Soebiantoro optimistis Jalan Bomang dapat digunakan masyarakat mulai 2023, meski deviasi progres pembangunan negatif 10 persen.

“Saya optimis jalur lambat Jalan Raya Bomang yang akan tersambung di Desa Susukan bisa digunakan oleh masyarakat pada awal tahun 2023 mendatang. Proyek pembangunannya terus dikebut,” kata dia. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.