Jalani PPKM Darurat, Pemkot Bogor Sementara Tak Lakukan Refocusing

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota Bogor Rudi Mashudi. IST

BOGOR – Untuk penanganan pandemi Covid-19 Kota Bogor tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah melakukan refocusing anggaran diawal tahun 2021.

Sehingga kebutuhan Pemkot Bogor saat ini untuk menangani pandemi masih cukup ditangani dengan dana Belanja Tak Terduga (BTT).

“Kalau refocusing pertama dan kedua kan sudah saat bulan Februari 2021 lalu. Yang sekarang terkait dengan penanganan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih menggunakan biaya tak terduga atau BTT. Kalau BTT masih bisa digunakan, ya itu digunakan secara optimal jadi belum mengarah ke refocusing,” ungkap Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Bogor Rudi Mashudi kepada wartawan, Kamis (8/7/2021) sore.

Rudi melanjutkan, meski begitu, pihaknya juga melihat kondisi perkembangannya. Apabila kemudian perkembangannya tidak baik atau terus semakin memburuk, sehingga ada kebutuhan terkait dengan langkah-langkah darurat, kemungkinan akan ada refocusing anggaran kembali.

“Tetapi sampai saat ini belum ada langkah ke arah sana (refocusing, red). Untuk anggaran yang dipangkas seperti perjalanan dinas dan lain-lainnya itu sudah dilakukan yang awal refocusing tiga bulan kemarin,” tukasnya.

Rudi menerangkan, saat ini pihaknya masih melakukan identifikasi program mana yang memungkinkan untuk nantinya di refocusing, sehingga sekarang masih menggunakan BTT.

“Semua masih berjalan sesuai dengan program yang ada. Masjid Agung jalan, Alun-alun jalan, kegiatan di dinas-dinas masih berjalan. Proyek penataan Suryakencana atau Surken terakhir itu lelang ya di Dinas PUPR,” terangnya.

Rudi menambahkan, bahwa nanti tahun 2022 proyek strategisnya masih dilanjutkan, seperti jalan R3 dan Masjid Agung. Masjid Agung kebutuhannya sekitaran Rp50 miliar.

“Kami tetap mengajukan bantuan ke pemprov untuk masjid agung karena nantikan kondisinya kalau alun-alun jadi, stasiun ditata, masjid juga harus ditata. Kalau sekarang kan masih konstruksi nanti tahun 2022 pada interiornya,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.