Jalan Rusak, Pengelola Wisata di Pamijahan Gotong Royong Lakukan Pebaikan

PAMIJAHAN – Jalan menuju kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS), Desa Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, rusak berat dan memprihatinkan.

Lokasi yang masuk dalam kawasan wisata pegunungan dan wisata air tersebut memiliki sejumlah kendala salah satunya dibidang infrastrukturnya. Bahkan hal tersebut membuat wisatawan mengeluh.

Pengelola wisata, Doni Permana mengatakan, meskipun banyak manfaat yang dirasakan, kegiatan ini juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan dana dan sumber daya.

“Semangat gotong royong dan kesadaran akan pentingnya menjaga infrastruktur wisata tetap menjadi pendorong utama bagi kami sebagai para pengelola objek wisata,” katanya.

Doni berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan mendapatkan dukungan lebih banyak pihak, termasuk dari pemerintah dan swasta, sehingga upaya peningkatan kenyamanan dan keamanan kendaraan pengunjung di TNGHS dapat terus terjaga.

Sementara itu, Sukiman (Kepala Resort) yang membawahi objek – objek wisata di blok Gunungbunder dan blok GSE, mengungkapkan, Upaya ini dilakukan salah satunya, banyaknya komplain dari para pengunjung khusus nya mereka yang menggunakan mobil (sedan/pendek) dan motor matic.

“Yang mengeluhkan kondisi jalan menuju objek-objek wisata yang akan mereka tuju, Adapun kondisi di objek tidak di keluhkan, bahkan sebagian besar pengunjung merasa puas dengan kondisi objek wisata nya. Yang di keluhkan, 90% pengunjung hanya terkait akses jalan aja,” ungkapnya

Ia mengatakan, kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh para pengelola wisata untuk memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan.

“Saya selaku petugas TNGHS mengajak para pengelola wisata dan masyarakat setempat serta volunteer wisata, untuk bersama – sama memperbaiki kondisi jalan yang rusak dengan secara swadaya,” tandasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.