Jalan Rusak Jalur Alternatif Bagi Pemudik di Cianjur Terus Diperbaiki

Saat petugas UPTD Pemeliharaan Jalan Wil III Kecamatan Cianjur, menangani jalan bolong-bolong dan drainase yang sering tersumbat. Esya | Pakar

CIANJUR—Banyak ruas jalur jalan alternatif diwilayah Kabupaten Cianjur yang telah dipersiapkan bagi para pemudik di hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah tahun ini. Pasalnya, kondisi infrastrukturnya terus-menerus ditingkatkan oleh UTPD-UPTD di masing-masing wilayah. Sehingga para pemudik bisa nyaman melalui infrastuktur ruas jalan alternatif tersebut.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur, Aris Haryanto, membenarkan untuk mengantisifasi arus mudik Lebaran tersebut, ada beberapa titik yang akan dijadikan jalur alternatif saat arus mudik Lebaran. Salah satunya seperti ruas jalan KH Saleh (Pasar Beas) hingga ke Tungturunan di Kecamatan Sukaluyu yang dipersiapkan sebagai jalur alternatif ke arah Bandung.


“Memang kita, sudah menyiapkan jalur-jalur jalan alternatif ini. Sedangkan jalur alternatif menuju ke kawasan Puncak, itu dari arah Cikalongkulon atau tepatnya di Desa Cinangsi kemudian masuk ke Mariwati, Kawungluwuk, Kota Bunga, sampai ke Hanjawar,” kata Aris kepada wartawan Sabtu (16/4/2022).


Menurutnya, kesiapan penggunaan jalan-jalan jalur alternatif tersebut, dibarengi dengan kemantapan kondisi ruas-ruas jalan yang akan dilalui kendaraan. Sejauh ini kondisi jalannya sudah cukup bagus. “Jika di ruas jalur utama padat, para pemudik bisa menggunakan jalan alternatif. Insya Allah kondisi ruas jalannya aman,” tegasnya.


Sementara itu, lanjut Aris, untuk menghadapi kesiapan arus mudik Lebaran, sudah mulai dibahas secara lintas sektoral. Terutama upaya-upaya antisipasi terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas di daerah rawan. “Ada beberapa titik yang kami identifikasi rawan kemacetan dan kecelakaan menghadapi arus mudik Lebaran,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah V Sukaluyu, Endang Kurnia, mengatakan pemeliharaan jalan dan drainase terus digiatkan menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini. Terlebih, beberapa titik ruas jalan di Wilayah V Sukaluyu merupakan jalur alternatif saat terjadi kepadatan di ruas jalan utama.
“Kami terus lakukan pemeliharaan rutin ruas-ruas jalan yang berlubang, termasuk memperbaiki drainase. Apalagi sekarang mendekati arus mudik Idulfitri, kami ingin memberikan kenyamanan kepada para pengguna jalan,” kata Endang saat dihubungi wartawan.


Menurutnya jalur-jalur jalan alternatif di UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah V Sukaluyu itu di antaranya ruas Lingkar Bojong-Rawabango, Jalan Pramuka, serta ruas Sindanglaka-Warungdanas. Di ruas-ruas jalan tersebut sudah tak ditemukan lagi yang kondisinya berlubang. “Dari sekarang kami menyicil melakukan pemeliharaan supaya tidak terjadi kerusakan ruas jalan yang parah,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.