Jalan ke Lokasi Wisata di Desa Karang Tengah Dibangun Dari Swakelola Warga

BABAKANMADANG – Jalan milik Pemerintah Kabupaten Bogor di perbaiki Pemerintah Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dengan menggunakan anggaran swakelola masyarakat senilai puluhan juta rupiah.

Kepala Desa Karang Tengah, H. Suhandi menyebutkan bahwa jalan di jalur wisata alam Gunung Pancar memang dalam status milik Pemerintah Kabupaten Bogor namun pihaknya dari Pemerintah Desa mengambil ahli untuk perbaikan infrastruktur jalan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Memang pada tahun 2020 anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bogor telah keluar untuk perbaikan jalan pada waktu itu, namun setelah pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan pelaksanaan. Dari pihak Wisata Gunung Pancar yakni Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang sebagai pengelola wisata tersebut tidak mengizinkan adanya perbaikan jalan itu dan sampai sekarang kondisi jalan masih dalam keadaan rusak atau tidak layak,” ungkapnya.

Lanjut ia mengatakan karena itu kita dari Pemerintah Desa bersama masyarakat dan para perusahaan yang ada di wilayah Desa Karang tengah ikut partisipasi untuk membantu perbaikan jalan di jalur wisata alam gunung pancar.

“Kita targetkan anggaran yang di keluarkan senilai Rp 50 juta rupiah dengan pengecoran jalan sejauh 1,1 kilometer dengan lebar 5 meter. Tapi kita baru mengumpulkan dana Rp 20 juta rupiah dan dana tersebut bisa dikatakan masih kurang untuk perbaikan jalan,” katanya kepada Pakar.

Sementara itu salah satu warga, ucup membenarkan bahwa Pemerintah Desa serta masyarakat saat ini sedang menjalani perbaikan jalan di jalur wisata alam gunung pancar.

“Karena jalan ini menuju kampung Cimandala dan kami sebagai warga Desa Karang Tengah pun perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah adanya kondisi jalan yang layak. Sebab jalan ini bisa dikatakan sudah tidak layak makanya kita minta Pemerintah Desa untuk segera turun tangan untuk kepentingan bersama,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.