Jalan Dramaga Disekat, Pengendara Wajib Kantongi Surat Izin

DRAMAGA – Guna Memutus Penyebaran Virus Covid19 yang semakin memperihatinkan, dua titik jalan Nasional di Kecamatan Dramaga yakni mulai dari pintu gerbang Utama Kampus IPB serta di pertigaan Jembatan Caringin batas wilayah antara Kabupaten dan Kota Bogor, Rabu (07/07/2021) mulai pukul 07:00 WIB pagi, dilakukan penyeekatan oleh petugas gabungan.

Penyekatan yang dilakukan tim gabungan dari jajaran Dirlantas Polres Bogor, TNI dan Muspika Dramaga, berlangsung lancar, namun karena arus kendaraan yang lalu lalang di kawasan itu setiap paginya selalu padat, mau tak mau mengakibatkan kemacetan sepanjang 10 kilometer dari ketiga arahnya.

Agar diketahui, pemberlakukan penyekatan ini tujuannya untuk menyaring mana para pengendara yang mengantongi surat Vaksin, surat hasil Swab Rapid tes, PCR serta Surat Izin Keluar/Masuk atau SIKM maupun yang tidak. Jika memenuhi syarat boleh lewat, sebaliknya bagi yang tidak punya , wajib kembali arah.

Dari pantauan PAKAR dilapangan, ribuan kendaraan dari tiga arah mulai dari Leuwiliang menuju kota Bogor, dari Ciampea, Ciherang, Petir, Jasinga maupun sebaliknya dari Kota Bogor ke Leuwiliang yang tidak memiliki surat dimaksud, dipaksa putar balik. Sedangkan untuk pengendara dengan surat lengkap, boleh Lewat.

Jajih warga Leuwiliang pengendara motor yang diminta putar arah lantaran sepeda motor yang dikendarainya berleter seri B (Jakarta) dan tidak memiliki hasil Swab, surat vaksin maupun SIKM yang diminta, mengaku tidak tahu jika Rabu pagi itu ada penyekatan di pertigaan jalan Raya Dramaga Caringin maupun di depan Gerbang utama IPB. “Apa boleh buat, karena sudah aturannya seperti itu ya terpaksa saya patuhi, padahal saya akan kepasar Purbasari Gunung Batu untuk berjualan,” kata Jaji kepada lakaronline.com, Rabu (7/7/2021).

Masih dari Pantauan pakaronline.com, di lokasi, arus sebaliknya dari arah kota Bogor yang akan ke Leuwiliang, ratusan pengendara yang tidak memiliki SIKM, PCR Anti gen dan Rapid Tes serta surat sudah di Vaksin, di alihkan menuju Pasar Dramaga belok ke Ciherang untuk melintas ke Jalan Lingkar Dramaga (JLD) Laladon, Ciomas, putar arah.

Sedangkan di Titik penyekatan yang berlangsung di depan Pintu Gerbang Utama IPB, Tim Gabungan Polres Bogor, TNI, DLLAJ kabupaten, berhasil memutar balikan ratusan kendaraan dari Jasinga, Ciampea, Leuwiliang serta puluhan kendaraan asal Jakarta dan Banten, yang tanpa Surat.

Aipda Herlis Kanit Lantas Polsek Dramaga mengatakan, penyekatan ini dilaksanakan oleh tim Gabungan Polres Bogor, TNI, Dishub, DLLAJ dan Muspika Dramaga. “Ratusan pengendara yang kami minta putar arah itu, karena mereka tidak punya surat surat sebagai syarat keluar masuk wilayah, seperti Hasil tes Swab, hasil Vaksin, SIKM dam PCR. Mengingat Penyekatan ini bukan berlaku bagi kendaraan bernomor polisiluar wilayah Bogor saja, tapi juga berlaku bagi semua pengendara asal Bogo,” pungkasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.