Jalan di Desa Pabuaran Sukamakmur Nyaris Putus Akibat Pergeseran Tanah

SUKAMAKMUR – Tanah bergeser hingga jalan nyaris terputus yang di akibat tingginya curah hujan di kampung babakan waru, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Hal itu di benarkan oleh Sekretaris Desa Pabuaran, Wahyudin bahwa pihaknya mendapat laporan terjadinya pergeseran tanah di wilayah tersebut.

“Kejadian persegeseran tanah itu baru kemarin bulan Januari, padahal lokasinya jalan yang baru di realisasi menggunakan anggaran Dana Desa tahun lalu 2021 dengan metode beton,” katanya.

Ia juga menjelaskan kondisi di wilayahnya memang sering kali terjadi pergeseran tanah terlebih lagi saat intensitas curah hujan yang tinggi melanda wilayah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

“Kondisi tanah disini memang sangat labil dan juga seringkali pergeseran tanah dan terjadinya longsor di wilayah tanah yang curam seperti pinggiran sungai dan perbukitan,” jelasnya.

Lanjut, ia juga menyebutkan bahwa terjadinya longsor yang tidak jauh dari lokasi pegeseran tanah saat ini.

“Dan ada juga lokasi longsor di Tembok Penahan Tanah (TPT) di pinggiran aliran sungai dan itu juga masih satu lokasi dengan pergeseran tanah ini. Untuk sementara kita mengajukan usulan untuk pembuatan TPT lagi dan menunggu anggaran turun untuk pemeliharaan jalan,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga Asep membenarkan di kampung babakan waru, Desa Pabuaran, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor sering kali terjadi pergeseran tanah.

“Iyah nyaris terputus jalannya, dan alhamdulilah tidak ada korban jiwa. Saat ini kita kita warga memasang pagar bambu agar pengendara saat malam hari tidak terperosok kedalam lubang tersebut,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.