Jalan Alternatif Jonggol Cianjur-Bogor Rusak Parah, ini Penyebabnya

CIANJUR – Hati-hati melintasi arah jalur jalan alternatif Jonggol Kabupaten Bogor – Cikalongkulon Cianjur. Pasalnya, kondisi jalannya rusak parah disepanjang dijalur jalan alternatif menuju Bekasi dan Jakarta ini. Dari sejak kawasan Desa Mekargalih dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon hingga wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, banyak yang rusak, berlubang dan bergelombang.


Informasi yang berhasil dihimpun pakuanraya.com diduga akibat adanya aktivitas tambang galian C dikanan-kiri jalan. Sehingga belasan kilometer jalan alternatif Jonggol kondisinya rusak parah. Akibat jalannya bergelombang, ambles, berlubang, longsor, dan betonnya patah terbelah di beberapa titik. Amblesnya jalan, menyebabkan batu dan kerikil terlihat di kawasan Tanjungsari, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor ini.


Pasalnya, banyak kendaraan yang mengambil jalan dari arah yang berlaawanan. Tentu akan memicu terjadinya gesekan kecelakaan lalulintas. “Memang yang paling parah, jika ada kendaraan truk pengangkut pasir. Karena kendaraannya menjadi lambat saat ditananjakan dan banyak mengambil kearah kanan yang berlawanan. Makanya bagi pengguna jalan yang baru melintas, harus berhati-hati bisa menyebabkan kecelakan, selain zig-zag jalannya,”terang Titin Safitri (35) seorang pengendara yang melintas dijalur jalan alternatif Jonggol, Selasa (23/3/2021).


Pjs Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon Ayi Juna membenarkan jika tingkat kerusakan jalan menyambung ke wilayah Kecamatan Jonggol setelah Cariu. Selain berlubang jalan juga bergelombang, hal tersebut bisa membuat mobil oleng jika tidak berhati-hati. Kondisi rusaknya jalur alternatif Jonggol ini baru mulus sekitar masuk kawasan Kecamatan Jonggol. “Dulu biasanya sebulan sebelum Ramadan sudah diperbaiki, namun kini kondisinya masih terlihat sangat rusak, jalan ini banyak juga dilalui kendaraan dengan tonase besar,” kata Ayi.


Sementara itu, Ketua Forum Penyelamat Pembangunan Jasa Kontruksi (FP2JK) Kabupaten Cianjur, Saepul Nazar mengatakan seharusnya jalur alternative Jonggol, Bogor-Cianjur itu bisa asik dan ekonomis untuk menghindari kemacetan.” Terutama dimusim libur panjang atau hari-hari besar lainya, pengguna jalan disarankan, untuk melinatsi Bogor-Cianjur melalui jalur alternatif Jonggol. Memang jarak tempuh melalui jalur itu, akan lebih singkat. Ketimbang melintasi jalur jalan Puncak yang kerap macet hingga memakan waktu berjam-jam,” tegas Saepul Selasa (23/3/2021).


Namun sekarang, lanjut Saepul, banyak pengemudi yang ogah melewati jalur alternatif Jonggol, meski polisi lebih menyarankan untuk melintasi jalur Jonggol. Pasalnya, akses jalur jalan alternatif Jonggol rawan longsor dan jalannya bergelombang. “Untuk itu, menghadapi bulan puasa mendatang hendaknya Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga, dapat segera memperbaiki jalur jalan alternatif jonggol ini. Jika dibiarkan maka jalur Jalan Jonggol jadi tidak mulus dilalui para pemudik pada lebaran nanti. Karena akan terjadi lonjakan pengguna jalan bagi pemudik,” pungkasnya= SYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.