Jajaran Sat Narkoba Polresta Bogor Kota Datangi SMA Negeri 1 Bogor, Ada Apa?

Perwakilan Sat Narkoba Polresta Bogor Kota saat memberikan pemaparan. IST

BOGOR – Satuan reserse narkoba (Sat Narkoba) Polresta Bogor Kota melakukan sosialisasi  dan penyuluhan bahaya narkoba kepada para pelajar di SMAN 1 Kota Bogor, Jalan Ir, Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (20/7/2022), dan diikuti oleh sekitar seratus siswa.

Pada kesempatan itu, tiga orang personel Sat Narkoba Polresta Bogor Kota, yaitu Iptu Usman Djunaedi, Bripka Dyah Ayu, Brigadir Adi menyampaikan berbagai materi bahaya narkoba yang dikemas agar bisa dipahami oleh para pelajar.

Di hadapan para siswa Bripka Dyah Ayu menyampaikan, efek dari narkoba yang memaksa tubuh untuk beraktivitas atau melakukan rutinitas diluar kebiasaan orang normal.

Penggunaan narkoba kata Dyah Ayu bisa membahayakan bagi tubuh dan membuat penggunanya tidak bisa mengendalikan tubuhnya seperti orang pada umumnya.

“Mereka yang melakukan penyalahgunaan narkoba jenis sabu itu mereka bisa kuat tidak makan berhari-hari, tidak tidur bahkan bisa sampai dua hari, apa yang akan mereka alami setelah itu ya drop. Karena badan kits itu normalnya makan sehari tiga kali tidur itu minimal satu hari sekali,” ungkap Bripka Dyah Ayu.

Dari sisi kesehatan, Dyah juga menyampaikan bahwa bahaya penggunaan narkoba bisa menimbulkan kerusakan terhadap organ tubuh maupun saraf. Seperti penggunaan sabu yang dapat memicu denyut jantung lebih cepat sehingga jantung bekerja lebih dari normal.

Penyampaian materi dengan cara yang dapat dipahami itu juga diikuti dengan antusias oleh para pelajar. Bahkan beberapa dari mereka terlihat mencatat materi yang disampaikan oleh personel Sat Narkoba Polresta Bogor Kota.

Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota Kompol Agus Susanto mengatakan, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi itu rutin dilakukan di kalangan pelajar.

Terlebih saat ini merupakan masa penerimaan siswa siswi baru dan tingkat SMP naik tingkat ke jenjang SMA yang juga dalam lingkungan sosial para pelajar tersebut jadi lebih luas.

Untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar kata Agus pihaknya juga melakukan berbagai upaya untuk memberikan materi dasar agar para pelajar memahami bahaya dan konsekuensi dari penyalahgunaan narkoba.

“Jadi, selain memberikan sosialisasi dan penyuluhan tentang penyalahgunaan Narkotika kami juga menjabarkan tentang dasar hukum dan aturan hukum mengenai sanksi hukum penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Pelaksanaan sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba ini juga sebagai upaya Polresta Bogor Kota memutus mata rantai peredaran narkoba di Kota Bogor.

Kasubsi Sie Penmas Polresta Bogor Kota Iptu Rachmat Gumilar mengatakan, penindakan terhadap peredaran narkoba ini sesuai arahan dan petunjuk serta komitmen dari Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada jajaran Sat Narkoba Polresta Bogor Kota.

Untuk itu selain tugas utama melakukan penindakan dan pengungkapan peredaran narkoba Polresta Bogor Kota juga berperan aktif memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada generasi muda agar tidak terjerumus dan masuk ke jurang peredaran dan penggunaan narkoba.

“Pelajar ini sebagai ujung tombak generasi  penerus yang masih dalam tahap tumbuh kembang sehingga perlu diberikan pemahaman sejak dini tentang bahaya narkoba dan jangan sesekali dekat apalagi menggunakan narkoba karena dapat merugikan diri sendiri dan orang orang terdekat,” katanya.

Pada penyuluhan itu juga para pelajar diberikan pemahaman tentang dasar hukum dan sanksi hukum penindakan penyalahgunaan narkoba.

Edukasi itu perlu diberikan kepada para pelajar agar para pelajar bisa memahami, mengetahui dan mengerti bahwa penggunaan dan penyalahgunaan narkoba merupakan perbuatan melawan hukum yang bisa dikenakan sanksi pidana.

“Edukasi, sosialisasi dan penyuluhan ini terus rutin dilaksanakan dengan mengajak pelajar agar tidak mendekati dan terjerumus terhadap penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.