Jaga Tradisi Budaya Sunda, SDN Pangkaljaya Miliki Ekstrakurikuler Angklung

Menjaga tradisi budaya Sunda, SDN Pangkaljaya mempunyai ekstrakurikuler angklung.

NANGGUNG – Menjaga tradisi budaya Sunda SDN Pangkaljaya, Kecamatan Nanggung memiliki ekstrakurikuler alat musik angklung.

Pasalnya, angklung salah satu alat musik tradisional khas Sunda yang sejauh ini sudah mulai redup diminati oleh generasi muda.

Pelatih angklung Herni Dina Permata mengatakan, angklung adalah salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat yang tentunya harus dilestarikan.

“Dengan kegiatan ini anak-anak dapat mencintai alat musik tradisional dan tidak terlalu terfokus kepada alat musik modern masa kini yang sudah sering kita temukan,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan belajar memainkan angklung tersebut dilakukan tiga hari dalam seminggu.

“Ini masuknya ekskul bukan pelajaran, jadi anak-anak supaya bisa tahu bahwa angklung ini berasal dari Jawa Barat,” ujarnya.

Selain itu, untuk memupuk keterampilan siswa, kelas musik tradisional ini diharapkan memupuk antusias siswa untuk berani menampilkan karya kreasi mereka di depan umum.

“Kegiatan ini hanya untuk siswa kelas empat, lima, dan enam. Saya berharap nanti kalo ada lomba, anak-anak bisa ikut dan terampil,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.