Jaga Keragaman Hayati, PPLI Harapkan Semua Pihak Berperan Aktif Lindungi Bumi

Presiden Diektur PPLI, Yoshiaki Chida saat melakukan pelepasan ribuan ekor ikan di sungai Ciliwung bersama Kodam Jaya. IST

CIBINONG – Slogan Melindungi Bumi yang diusung Perusahaan pengolah limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) tahun 2024 dan program yang sedang dikembangkan perusahaan itu berupa pengembangan energi dengan mengolah limbah plastik menjadi bahan bakar seperti mendapatkan dukungan besar dari dunia internasional.

Pasalnya pada Hari Bumi 22 April lalu mengambil tema Planet Vs Plastik.

“PPLI seperti mendapat energi besar dalam Hari Bumi lalu dengan tema Planet versus plastik itu,” kata Direktur Technical and SHEQ PPLI, Elpido di sela-sela menerima kunjungan Direktur Pengelolaan B3 KLHK, Ari Sugari, pada Rabu 22 Mei 2024.

Elpido menambahkan bukan hanya sekedar masalah lingkungan hidup, hal ini menimbulkan ancaman besar terhadap kesehatan manusia, perubahan iklim dan kerusakan ekosistem.

“Saat plastik terurai menjadi mikroplastik, plastik melepaskan bahan kimia beracun ke dalam sumber makanan dan air, lalu beredar melalui udara yang dihirup. Dampaknya luas terhadap semua makhluk hidup,” ujarnya.

Untuk mengurangi dampak itu, PPLI menginisiasi teknologi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar terbarukan yang tentunya ramah lingkungan dan mampu mengurangi limbah plastik menjadi hal yang lebih bermanfaat bagi manusia sekaligus melindungi bumi.

“Ini salah satu program ekonomi sirkular yang kami kembangkan. Semoga bisa segera direalisasikan sebagai wujud komitmen kami melindungi bumi,” tegasnya.

Dalam waktu yang berdekatan, dunia juga sedang mempersiapkan Rencana Program Keragaman Hayati yang jatuh pada 22 Mei 2024 disusul dengan HUT PPLI ke 30 yang mengusung tema Melindungi Bumi.

Tiga momentum beruntun ini menguatkan narasi dan dukungan. Terhadap perlindungan bumi dari kerusakan akibat pencemaran lingkungan.

“Melindungi bumi bukan hanya menjadi tugas pemerintah, tapi semua stakeholder dilakukan secara kolaboratif dan berkesinambungan. Ini online dengan tema kolaboratif dari Hari Keragaman Hayati Internasional 2024,” ujar Manager Humas PPLI yang juga Ketua Panitia HUT30 PPLI, Arum Tri Pusposari.

Komitmen ini akan terus dipegang PPLI selama perusahaan ini berdiri. “Keterlibatan. PPLI dalam pelestarian keragaman hayati diwujudkan dengan sejumlah program penyelamatan lingkungan seperti pelestarian satwa Elang Jawa di Gunung Halimun Salak, penanaman mangrove di Balikpapan, penanaman hutan Karbon di Rawa Danau Serang Banten dan masih banyak kegiatan lainnya. Ini akan terus kita lakukan. Semoga kampanye lingkungan ini bisa diikuti banyak pihak,” pungkasnya. AGE/ONE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.