Jadi yang Terbaik, RSUD Leuwiliang Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

RSUD Leuwiliang, Kabupaten Bogor, diganjar penghargaan oleh BPJS Kesehatan pada peringatan HUT ke-54 BPJS. (Dok.Diskominfo)

LEUWILIANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang, Kabupaten Bogor,
diganjar penghargaan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada peringatan HUT ke-54 BPJS.

RSUD Leuwiliang berhasil menjadi yang terbaik kedua secara nasional dalam lomba kategori video bertajuk “ayo gunakan BPJS, jangan takut didiskriminasi, pasti dilayani,” tersebut. Penghargaan diberikan langsung oleh BPJS Kesehatan Cabang Cibinong di RSUD Leuwiliang, Senin (19/9/2022).

Direktur RSUD Leuwiliang, Vitrie Winastri mengungkapkan, testimoni spontan dari pasien menjadi kunci sekaligus tantangan untuk terus memberikan pelayanan prima.

Ini merupakan prestasi RSUD Leuwiliang yang menjadi poin tambahan dalam citra pelayanan di rumah sakit dan dijadikan motivasi para pemberi layanan agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Standar pelayanan kesehatan kami salah satunya adalah kepuasan peserta, bukan hanya target angka tapi kepuasan peserta menjadi hal yang sangat penting. Terlebih lagi sekarang pada era digital di mana efisiensi waktu dan efektivitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien,” ujar Vitrie.

Pada penghargaan itu, RSUD Leuwiliang menjadi sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan yang melayani sebagian besar peserta JKN.

Menurut Vitrie, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Bogor melalui RSUD Leuwiliang berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang prima tanpa diskriminasi.

Hal itu terekam dalam video, yang dianggap membawa prestasi dalam kategori lomba nasional. Dinilai memiliki konten yang natural, ide dari tim kreatif rumah sakit membuat suasana sealami mungkin sesuai kondisi pelayanan di rumah sakit.

Vitrie menyebutkan, apresiasi diberikan kepada fasilitas kesehatan demi memberikan pengakuan dan penghargaan atas prestasi upaya fasilitas kesehatan memberikan pelayanan prima kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini dapat sebagai bentuk dorongan pemberi pelayanan dan tenaga medis untuk terus meningkatkan kualitas layanan.

“RSUD Leuwiliang menjadikan penghargaan ini sebagai tantangan, agar terus meningkatkan mutu layanan, dan memberikan pelayanan sepenuh hati tanpa diskriminasi,” terang Vitrie.

Sementara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Ondrio Nas mengapresiasi RSUD Leuwiliang yang telah menjadi perwakilan rumah sakit di wilayah Kabupaten Bogor yang dapat berkibar di acara nasional.

“Media publikasi saat ini menjadi hal utama menyampaikan program dan layanan pada masyarakat, harapannya bukan hanya saat terekam kamera melainkan diikuti juga dengan peningkatan mutu layanan kepada peserta JKN,” ungkap Onrio.

Onrio menerangkan, penyelenggaraan Program JKN di Indonesia tidak lepas dari peran penting fasilitas kesehatan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan yang langsung memberikan layanan kepada masyarakat, tentu harus diikuti dengan layanan yang berkualitas sepenuh hati.

“BPJS Kesehatan terus mendorong fasilitas kesehatan untuk berkomitmen meningkatkan mutu layanan sesuai indikator pelayanan kesehatan. Prestasi yang diraih RSUD Leuwiliang dapat dijadikan acuan motivasi, menggali ide kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan mutu layanan,” terang Ondrio Nas. =MAM/KM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.