Jadi Tersangka, Kades Hambalang Terancam Kurungan 6 Tahun Penjara

CIBINONG – Kepolisian Resor (Polres) Bogor telah menetapkan Kepala Desa Hambalang, Wawang Sudarwan dan seorang warga lainnya sebagai tersangka pemalsuan surat tanah, pada Selasa (5/12/2023).

Hal itu disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Teguh Kumara bahwa dua orang tersebut telah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan karena telah melakukan pemalsuan surat.

“Benar Kades Hambalang dan seorang warga telah ditetapkan sebagai tersangka terkait pemalsuan surat-surat tanah. Dan kedua tersangka tersebut saat ini ditahan di rutan Polres Bogor,” katanya kepada PAKAR, pada 5 Desember 2023.

Lanjut ia mengatakan bahwa kerugian yang dilakukan oleh dua orang tersangka tersebut berupa hilangnya hak tanah seluas 6,9 hektar.

“Potensi kerugian berupa hilangnya hak tanah seluas kurang lebih 6,9 Hektar yang dimiliki oleh Yayasan Tirasa atau PT Sentul Golf Utama,” ungkapnya.

AKP Teguh Kumara menyebut bahwa kedua tersangka tersebut terancam pidana 6 tahun penjara pada pasal 263 HUHP.

“Pelaku terjerat pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana 6 tahun dan untuk saat ini kita masih dalam proses penyidikan, dan untuk perkaranya segera dapat dilimpahkan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum),” imbuhnya.

Sementara itu Humas Polres Bogor, Iptu Desi Triana membenarkan bahwa Kepala Desa Hambalang telah ditahan dan ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus pemalsuan surat tanah.

“Benar Kades Hambalang Citeureup (ditahan) dan sekarang kita sedang melakukan proses lebih lanjut,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.