Jadi Surga Panas Bumi ke-2 di Dunia, Masyarakat Cipanas Belum Tahu

Gambar ilustrasi. Sumber Foto: Buku Potensi Panas Bumi Indonesia Jilid I (2017)).

CIANJUR – Terkait soal pembangunan sumber daya panas bumi atau geothermal. Hingga saat ini, pihak Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Cipanas belum mengetahui persis lokasinya dimana. Ternyata daerah Cipanas ini menyimpan harta karun sumber daya panas geothermal, bahkan kabarnya menjadi sumber panas bumi ke 2 di dunia.

Informasi yang berhasil dihimpun, sumber daya panas bumi diwilayah Kematan Cipanas ini memiliki luas mencapai 3.180 hektar menyimpan potensi sebesar 85 MWe (cadangan).

Sebelumnya, salah satu unit usaha di Sinar Mas Grup, yakni PT Daya Mas Geopatra Energi (DMGE), telah ditetapkan menjadi pemenang lelang Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSPE) Panas Bumi di Cianjur.

Seperti diketahui, pemerintah telah melakukan penawaran Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSPE) Panas Bumi di Daerah Cipanas pada 28 Januari-28 Februari 2022 lalu.

Camat Cipanas Firman Edi mengatakan, belum mengetahui mengenai lokasi titik akan dibangunnya sumber energi panas bumi. Selain itu mengenai teknis seperti apa pembagunannya juga belum mengetahui. “Sampai sekarang saya belum mengetahui persis titik lokasinya,” kata Firman kepada wartawan, Senin, (19/9/2022).

Firman berharap kepada pihak yang menjadi pemenang lelang Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSPE) agar berkunjung ke pemerintah Kecamatan Cipanas, agar keresahan masyarakat bisa terjawab.

“Keinginannya dari tim ESDM agar merapat kepada kami. Kita sudah menginformasikan ke pihak itu, tetapi belum ada jawaban,” pungkasnya.

Sementara ditempat terpisah, Arif warga Cipanas mengatakan, dirinya dan warga lainnya belum mengetahui adanya rencana pembangunan ekploitasi untuk panas bumi. “Kami warga disini belum tahu adanya soal itu. Kalaupun akan ada ekploitasi alam untuk panas bumi, harus ada sosialisasi kepada warga. Kami tidak ingin menjadi korban terdampak atas pembangunan itu,” tegasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.